9 Aplikasi Crypto Terbaik Untuk Pemula 2022

7 min read

Aplikasi Crypto Terbaik

Aplikasi crypto terbaik bisa di pilih berdasarkan layanan dan ketangguhan server aplikasi ketika banyak orang yang mengakses layanan tersebut, Crypto identik dengan investasi dan trading yang menghasilkan keuntungan besar dalam tenggat waktu yang lumayan singkat.

Banyak tokoh Influencer atau artis yang mulai berinvestasi crypto. Mereka pun mengajak para penggemarnya untuk berlaku demikian.

Pada akhirnya makin banyak orang yang mencoba mencari untung di investasi crypto walaupun tanpa pengalaman.

Terlepas dari instrumen investasinya, berinvestasi membutuhkan modal ilmu. Tidak hanya dana yang cukup namun juga pengetahuan dasar.

Dengan berbekal hal itu, diharapkan dapat menghindari jurang kerugian. Sementara yang tidak paham ilmunya akan mudah sekali mengalami rugi atau cut loss.

Selain pengetahuan, investor juga harus pandai memilih aplikasi investasi. Sama seperti berinvestasi saham, ada banyak pilihan aplikasi jual beli yang bisa dipilih.

Investor harus memperhatikan banyak faktor terkait hal ini. Maka pilih aplikasi crypto terbaik agar terhindar dari kejahatan di dunia internet.

Apa Itu Investasi Crypto?

Aplikasi Crypto Terbaik

Investasi merupakan suatu aktivitas penanaman modal pada suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sementara crypto adalah mata uang digital yang berfungsi untuk membeli barang atau jasa. Crypto juga bisa dijadikan sebagai instrumen investasi atau trading, sebagaimana yang sedang trend.

Melihat penjelasan itu, dapat disimpulkan bahwa investasi crypto merupakan kegiatan jual beli mata uang digital yang kemudian mendapatkan keuntungan. Melalui aktivitas ini, keuntungan yang didapatkan bisa sangat tinggi, bahkan lebih besar daripada instrumen investasi lainnya. 

Namun perlu diperhatikan bahwa investasi crypto juga memiliki potensi kerugian yang sangat tinggi meskipun pakai aplikasi crypto terbaik. Maka dari itu, perlu pemahaman ilmunya yang juga mendalam. Tidak hanya sekedar mendengar kisah sukses para influencer lalu mempertaruhkan segala harta benda untuk keuntungan yang belum pasti.

Cara Main Crypto Untuk Pemula

Investasi crypto dilakukan dengan cara jual beli aset exchange. Exchange itu sendiri berfungsi layaknya marketplace, sebuah media dimana berkumpulnya para penjual dan pembeli crypto. Transaksi crypto bisa lebih sederhana daripada saham karena tidak perlu melewati jasa broker.

Penyimpanan aset atau barang dagangan crypto tersimpan dalam wallet atau dompet. Definisinya sama dengan dompet penyimpan uang seperti biasa. Perbedaannya hanya terletak pada bentuk, crypto berbentuk digital sedangkan dompet uang berbentuk fisik. Wallet ini bisa disediakan oleh exchange atau pribadi.

Proses transaksi crypto yang langsung membuat harga jualnya tidak menentu. Layaknya jual beli di pasar biasa, setiap penjual memiliki nominal yang berbeda. Investor dapat memantau pergerakan harga melalui internet atau aplikasi investasi yang dipilih. Ketika harga terpantau sedang rendah maka bisa langsung beli.

Jenis Coin Crypto Populer

Aplikasi Crypto Terbaik

Crypto memiliki banyak jenisnya hingga ribuan, tidak hanya bitcoin. Walaupun memang peruntukannya sama yaitu mata uang digital. Namun setiap nama mata uang, memiliki besaran harga yang berbeda. Sejaran dan kepopularitasan juga mempengaruhi harga jual barang crypto itu sendiri.

Dalam memilih jenis Crypto yang akan di beli pada aplikasi crypto terbaik alangkah baiknya melihat fundamental dari Foundernya beserta project-project yang akan di lakukan di masa depan dengan koin yang mereka miliki,  nah berikut jenis krypto yang bisa dianalisa kelayakannya dan potensinya untuk di beli saat ini.

1. Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu barang atau mata uang crypto yang paling terkenal. Bitcoin juga menjadi cryptocurrency pertama sejak 2009. Mata uang ini diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, sebuah nama anonim. Nama tersebut tidak diketahui bentuknya, entah itu seseorang, perusahaan, atau kelompok organisasi.

Tercatat pada November 2019 lalu sudah ada lebih dari 18 juta bitcoin yang diperdagangkan. Catatan market value mencapai sekitar 146 millar dollar US. Bahkan angka itu tetap berkembang mengikuti tren perdagangan. Catatan terakhir mengatakan bahwa hampir 70% cryptocurrency didominasi oleh Bitcoin.

2. Litecoin

Produk crypto lainnya adalah litecoin mana juga menarik di mata investor. Litecoin hadir di tahun 2011 sebagai mata uang peer to peer. Mata uang digital ini menghasilkan blok baru atau disebut dengan blockchain. Blok baru buatan litecoin tersebut memiliki kecepatan transaksi lebih tinggi.

Melalui litecoin, investor bisa bertransaksi lebih cepat tanpa perlu menggunakan sistem komputerisasi mutakhir. Cukup dengan aplikasi trading crypto terbaik maka sudah bisa mendapatkan litecoin. Harga yang tertera pada exchange juga lebih stabil, tidak mudah naik turun curam.

3. Dogecoin

Mata uang digital Dogecoin muncul sejak 2013 lalu dengan anjing Shiba iNu sebagai maskotnya. Nilai transaksi bagi koin tidak setinggi bitcoin karena penggunaannya juga untuk transaksi kecil. Misalnya seperti donasi atau memiliki kepada penjual di market digital.

Dogecoin ditemukan oleh Billy Markus, seorang insinyur perangkat lunak. Sejak kemunculannya di dunia transaksi digital, bIlly Markus sudah mengembangkan komunitas online ya secara mandiri dan cepat. Kini kapitalisasi pasar dari dogecoin mencapai $70.355.561.773.

4. Feathercoin

Feathercoin merupakan satu satunya cryptocurrency yang memiliki sistem terbuka di aplikasi crypto terbaik manapun. Jenis mata uang digital ini dibuat oleh Leter Bushnell, seorang petugas IT di Brasenose College, Oxford University. Feathercoin muncul mulai April 2013 dan hingga kini sudah tersebar secara bebas di exchange.

Berdasarkan lisensi MIT/X11, Feathercoin memiliki kemiripan dengan Litecoin. Maka kemungkinan besar cara transaksinya juga tidak beda jauh dengan cryptocurrency satu itu. Investor bisa membelinya secara langsung melalui exchange. Perihal harganya juga stabil atau tidak mudah naik turun.

Keuntungan Berinvestasi Crypto

Terlepas dari instrumennya, sebuah investasi pasti menghasilkan keuntungan. Jenis investasi satu ini memiliki tingkat keuntungan yang tinggi, sama dengan saham. Namun potensi ruginya pun besar layaknya slogan investasi, high return high risk. Namun dengan strategi yang tepat, harga jual bisa tinggi.

Bersifat Universal

Keuntungan investasi crypto yang paling mendasar adalah bersifat universal. Beda dengan saham yang hanya bersifat nasional. Pembelian cryptocurrency juga tidak membutuhkan syarat apapun. Sementara itu saham terdapat banyak syarat pembelian. Hasilnya pun hanya segelintir orang yang bisa menjadi investor saham.

Bahkan pembeli cryptocurrency tidak membutuhkan identitas. Investor bisa menggunakan akun psu atau bahkan anak im selama transaksi. Kelebihan inilah yang banyak disukai oleh pengguna crypto. Sebagian orang memang tidak menyukai identitas pribadi yang terpampang jelas.

Cepat dan Mudah

Transaksi crypto bisa dilakukan dengan cepat dan mudah layaknya pembelian barang biasa di aplikasi crypto terbaik. Saham memang demikian, namun prosesnya bisa lebih lama apabila menggunakan jasa broker. Perdagangan crypto hanya membutuhkan waktu puluhan menit hingga bisa menerima mata uang tersebut di wallet.

Melalui transaksi yang mudah, aktivitas jual beli pun turut meningkat. Bisa dikatakan pula bahwa beberapa jenis crypto dapat dijadikan sebagai tabungan. Misalnya koin crypto terbaik dengan sepak terjang diagram terus menanjak. Jenis tersebut bisa dijual dengan harga tinggi saat pemilik membutuhkannya.

Aman dan Sah

Investasi crypto sudah diakui oleh negara Indonesia dan internasional. Perdagangannya pun dilakukan di berbagai negara bahkan Amerika Serikat dan negara bagiannya. Crypto juga sudah mendapatkan kepastian hukum perihal izin dagang sehingga aman secara regulasi. Kini investor crypto tidak perlu lagi khawatir bertransaksi.

Melalui aplikasi crypto terbaik yang sudah memiliki izin operasi di indonesia Mata uang digital seperti bitcoin juga sah digunakan sebagai jenis investasi. Biasanya bisa digunakan pada beberapa e-commerce yang mendukung di luar negeri, namun belum untuk indonesia. Jadi jika Anda hanya memiliki uang elektronik berbentuk crypto, maka bisa menggunakan itu daripada mengaktifkan pay later.

Resiko Investasi Crypto

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, investasi crypto memiliki high risk high return. Artinya keuntungan tinggi juga berdampingan dengan kerugian sama tingginya. Salah satu kerugiannya adalah sangat fluktuatif. Harga dari crypto pasti cepat berubah bahkan di setiap detiknya. 

Investasi berbasis internet ini juga sangat rawan kejahatan cyber. Misalnya seperti aset crypto yang dicuri lalu hilang. Tentu hal itu sangat merugikan, terlebih lagi jika memiliki aset yang banyak. Bahkan hal ini sudah terjadi kasusnya, namun tidak kunjung mendapat titik terang perihal siapa pencurinya.

Sebelumnya dikatakan bahwa crypto sudah diakui dan memiliki peraturan legal di Indonesia. Namun hal itu tidak berarti ada peraturan khusus dan merinci. Ada beberapa ketentuan yang bisa menjadi resiko besar bagi investor crypto di indonesia. Terlebih lagi tidaka ada badan hukum yang mengawasi. 

Aplikasi Crypto Terbaik Indonesia 

Aplikasi Crypto Terbaik

Ada banyak aplikasi crypto terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi. Namun tidak semuanya memiliki fitur yang bagus. Apalagi tentang sistem keamanannya, khawatir terjadi kebocoran data. Maka dari itu gunakan aplikasi investasi crypto terbaik seperti beberapa saran berikut.

1. Indodax

Aplikasi trading crypto terbaik dan pertama di Indonesia adalah Indodax. Aplikasi ini sudah mendapatkan banyak sertifikasi internasional sehingga terbukti keamanannya. Beberapa sertifikasi yang berhasil didapatkan adalah ISO 9001 : 2005, 27017 : 2015, xan 27001 : 2013. 

Indodax sudah memiliki lengguna sebesar 5.5 juta di iNdonesia. Semua pengguna atau investor itu tentu tercatat di Bappebti yang mana artinya adalah sah. Indodax layak menjadi aplikasi crypto terbaik yang bisa langsung di download melalui google play store atau app store. Transaksi jual beli melalui Indodax juga sangan mudah karena user friendly.

Namun di sisi lain kelemahan indodax pada sistem servernya yang sering mengalami down ketika dumb ataupun pump dalam transaksi koin.

2. Pintu

Pintu merupakan aplikasi crypto terbaik untuk pemula karena desain penggunanya sederhana. Media Jual beli aset crypto ini cocok untuk kalangan masyarakat menengah. Melalui Pintu maka investor tidak membutuhkan pengetahuan khusus terhadap aplikasi. Begitu mengunduh dan membukanya maka akan langsung bisa.

Deposit yang diperlukan oleh Pintu pun tidak terlampau besar. Beda dengan beberapa software trading lain yang biasanya hingga angka jutaan. Pilihan tokennya juga beragam dan sistem transaksi mudah hingga ke proses penarikan dana. Investor yang menggunakan Pintu dijamin akan selalu puas dengan aplikasinya.

3. TokoCrypto

Namanya yang unik membuat aplikasi Toko Crypto diingat oleh banyak orang. Software smartphone ini hadir sejak tahun 2017 dibawah naungan perusahaan Crypto Indonesia. Perusahaan itu juga sudah berafiliasi dengan Binance Cloud. Dengan begitu penggunanya tidak perlu khawatir dengan kredibilitas aplikasi.

Hingga saat ini, Toko Crypto sudah memiliki lebih dari 2 juta pengguna yang terdaftar. Pertumbuhan jumlah pengguna semakin meningkat disebabkan oleh tren jual beli crypto. Aplikasi ini juga memiliki akses dan proses transaksi yang sederhana. Dengan begitu pengguna baru akan mudah walau baru pertama kali menggunakannya.

4. Rekeningku

Rekeningku merupakan salah satu software trading crypto terbaik yang bisa Anda pilih. Aplikasi ini memperdagangkan berbagai jenis crypto, tidak hanya bitcoin. Bahkan hingga saat ini sudah tercatat hingga 40 jenis koin digital ada di Rekeningku. Kelebihan tersebut membuat investor bebas dalam memilih produk crypto.

Pengguna tidak perlu khawatir perihal keamanan dan legalitas aplikasi. Pasalnya rekeningku sudah terdaftar di bappebti dan kominfo. Dengan begitu ketika terjadi hal buruk maka bisa langsung melihat regulasi yang berlaku. Namun hal itu tentu sangat minim terjadi karena Rekeningku sangat menjaga kepercayaan nasabahnya.

5. Triv

Melihat dari namanya, aplikasi ini bukanlah aplikasi traveling. Triv memang dibuat oleh pengembangnha sebagai aikasi trading crypto. Triv menawarkan berbagai aset digital selama 24 jam nonstop. Dengan begitu pengguna atau para investor bisa melakukan transaksi jual beli kapan saja dan dimana saja.

Proses pengisian deposit dan penarikan fana juga bisa dilakukan secara cepat. Tidak membutuhkan beberapa hari kerja layaknya aplikasi keuangan lain. Perihal variasi koin, triv juga menyediakannya dengan nilai tukar yang terbilang cukup kompetitif. Triv juga memiliki fitur stalking artinya bisa melihat portofolio investor lain.

6. Zipmex

Selain 5 rekomendasi di atas, pengguna juga bisa melakukan trading di Zipmex. Kelebihan dari zipmex adalah terhubung dengan pasar Singapura, Australia, dan Thailand.

Melalui hal itu maka pengguna bisa memantau pasar luar negeri lebih tepat dan real time. Pengguna juga bisa membeli dari ketiga negara tersebut.

Walaupun terhubung dengan tiga negara lain, aplikasi ini tentu sudah terdaftar di bappebti. Dengan begitu sudah dapat dipastikan bahwa Zipmex aman digunakan oleh warga Indonesia.

Keamanan itu pun didukung dengan persediaan asuransi mencapai USD 100. Zipmex tergolong aplikasi yang bagus bukan?

7. Luno

Sebaiknya ada Luno yang menjadi aplikasi crypto terbaik sepanjang 2022. Anak muda banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan investasi atau trading crypto.

Di dalamnya memiliki banyak penawaran menarik yang jelas menggoda para investor. Salah satu penawarannya adalah dana deposit yang rendah.

Luno hanya memberlakukan minimal Rp 50.000 sebagai dana deposit. Jauh berbeda dan lebih terjangkau bila dibandingkan dengan aplikasi trading crypto lainnya.

Namun sayangnya hal itu tidak didukung dengan sistem proses transfer dana yang mudah. Prosesnya sedikit memakan waktu dan perlu adaptasi caranya.

8. Binance

Binance memiliki rating tertinggi sebagai aplikasi crypto terbaik untuk trading. Prediksi terbaik pada aplikasi ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna yang mendaftarkan diri.

Bahkan binance mengeluarkan koin crypto sendiri dengan nama Binance Coin. Aplikasi ini bisa didapatkan di play store atau app store.

Binance termasuk aplikasi yang canggih karena menggunakan fitur QR Code dalam transaksi.

Dengan begitu para pengguna bisa menerima atau melakukan pengiriman crypto secara mudah. Layanan customer nya juga cepat dan tersedia sepanjang waktu atau 24 jam.

9. Bitocto

Bitocto memang tidak sepopuler aplikasi crypto terbaik lain namun tetap masuk dalam jajaran aplikasi terpercaya.

Pasalnya Bitco sudah terdaftar OJK dan Bappebti yang mana artinya adalah keamanan dan kenyamanan pengguna sudah terjamin. Bitocto juga melayani transaksi jual beli selama 24 jam nonstop.

Pengguna dapat memantau harga koin selama 24 jam secara realtime. Melalui sistem keamanan yang terjamin maka pengguna dan aplikasi dapat mendeteksi kecurangan atau penipuan selama proses transaksi. Hal inilah yang juga menjadi alasan bagi banyak pengguna lebih suka dengan Bitocto.

Baca Juga : Aplikasi Jual Beli Mobil Terbaik dan Terpercaya

Demikian saran aplikasi crypto terbaik dan bagaimana penjelasan lebih lanjut. Semoga dapat membantu Anda yang baru tertarik dengan dunia crypto. Jangan lupa untuk memperdalam ilmu trading dan investasi agar tidak terjebak kerugian. Terlebih lagi investasi membutuhkan dana besar, bukan sekedar ratusan ribu.

Dalam pemilihan aplikasi juga harus memperhatikan satu hal yaitu sepak terjang. Pengguna harus mengetahui riwayat atau setidaknya review dari pengguna lain. Hal ini dapat menyelamatkan Anda dari kemungkinan buruk saat menggunakan aplikasi lain.