15 Aplikasi Akuntan Gratis Terbaik 2022

7 min read

Aplikasi Akuntan

Aplikasi Akuntan Seiring dengan Perkembangan teknologi semakin canggih dan manusia harus pandai dalam memanfaatkannya. Salah satu cara terbaik mengambil manfaat itu adalah dengan menggunakan aplikasi selama bekerja. Misal seperti aplikasi akuntan yang bisa membantu dalam pembuatan laporan bisnis.

Memanfaatkan software tentu akan membuat pekerjaan praktis dan lebih efisien. Pekerjaan yang dimaksud pun tidak hanya tentang akuntansi namun juga hal lain.

Misal seperti mengontrol uang masuk dan keluar dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan aplikasi sederhana.

Banyak pengguna komputer yang membutuhkan rekomendasi aplikasi seperti ini. Sebelum menentukan ingin memilih aplikasi mana, ketahuilah bahwa ada beberapa jenis software.

Pemilihannya bisa didasarkan dengan kebutuhan atau spesifikasi komputer itu sendiri.

Cara Memilih Aplikasi Akuntansi

Aplikasi Akuntan

Ada banyak cara memilih aplikasi untuk mengurus tugas aplikasi. Misalnya dengan cara memperhatikan spesifikasi komputer atau melihat standar OS yang berlaku.

Pengguna juga bisa memilih aplikasinya berdasarkan kebutuhan atau fitur yang tersedia. Untuk lebih memahami lagi, simak penjelasannya di sini.

Berdasarkan Versi OS atau Spesifikasi Komputer

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa memilih aplikasi bisa berdasarkan versi os atau spesifikasi komputer. Pasalnya pada beberapa aplikasi memberlakukan batas minimum os. Itulah mengapa lebih baik menentukan aplikasi berdasarkan OS yang sedang berlaku.

Ketika sistem operasi komputer sudah terbaru, maka bisa memilih aplikasi dengan fitur apapun. Komputer dengan OS terbaru juga biasanya memiliki daya penyimpanan lebih besar. Hal itu dapat mempengaruhi kelancaran berjalannya aplikasi, akankah bug atau tidak.

Berdasarkan Kelengkapan Fitur

Sebagaimana aplikasi akuntan pada umumnya, pasti memiliki berbagai fitur unggulan dan juga kekurangan. Banyak orang yang mencari aplikasi dengan fitur terlengkap. Walaupun memang kemungkinan besar tidak semua fitur akan digunakan, namun lebih baik memilikinya terlebih dahulu.

Namun perlu diperhatikan bahwa kelengkapan fitur akan membuat kapasitas memori aplikasi semakin besar. Hal ini dapat berpengaruh pada kemampuan memori dari perangkat. Maka sebelum mengunduh dan meng installnya, lebih baik pastikan dahulu tentang seberapa besar kapasitas memori di perangkat.

Berdasarkan Kebutuhan

Cara terbijak untuk memilih aplikasi adalah dengan berdasarkan kebutuhan kerja. Langkah awalnya ialah tentu identifikasi hal apa dari pekerjaan yang harus dibantu melalui aplikasi. Kemudian pekerja hanya perlu mencari aplikasi yang dibutuhkan tanpa perlu melirik yang lain.

Pada tahap pencarian, utamakan aplikasi akuntan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai tertarik dengan aplikasi lain karena bisa melenceng dari tujuan. Pertimbangkan juga tentang kelancaran aplikasi pada perangkat. Ada pula fitur-fiturnya apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Fitur Dasar yang Harus Ada dalam Software Akuntansi 

Aplikasi Akuntan

Jika sebelumnya sudah paham dengan cara memilih aplikasi atau software, maka kini harus mengenali berbagai fitur wajib.

Sebuah software harus memiliki beberapa fitur berikut, bila tidak ada maka jangan dipilih. Pasalnya, ketika hal dasar saja tidak ada maka bisa dipastikan kinerja softwarenya pun tidak baik.

Hitung Pajak Otomatis

Kembali ke fungsi dan tujuan awal seorang pengguna menggunakan aplikasi tambahan, untuk mempermudah pekerjaan. Maka dari itu sebuah aplikasi keuangan harus memiliki fitur ini. Hal itu dikarenakan menghitung pajak sangatlah sulit dan butuh ketelitian, melalui aplikasi tentu lebih mudah.

Lewat aplikasi dan fitur penghitung pajak ini juga bertujuan untuk meminimalisir kesalahan hitung. Pelaku bisnis juga pasti paham bahwa pajak merupakan hal yang krusial. Jika salah dalam pembayaran bisa saja menimbulkan kerugian di masa depan. Tentu sangat disayangkan ketika kerugian dari kelalaian.

Inventaris, Lacak Stock Barang

Setiap bisnis pasti memiliki barang jualan, entah itu dalam bentuk jasa atau barang fisik. Setiap barang dagangan harus melewati cek stok opname pada periode tertentu. Pengecekan itu membutuhkan ketelitian dan keselarasan antara data dengan situasi di gudang.

Fungsi dari fitur ini dari aplikasi akuntan adalah untuk meminimalisir human error atau kesalahan SDM pada saat stock opname. Tujuan lainnya adalah untuk memperbarui stok secara otomatis sehingga tidak perlu khawatir akan lupa. Namun pengguna juga harus memastikan bahwa aplikasi terhubung dengan sistem.

Fitur Tambahan

Ketika sebuah aplikasi hanya memiliki dua fitur unggulan sementara saingannya lebih lengkap tentu akan menjengkelkan. Pengguna juga akan memilih aplikasi dengan fitur lengkap karena terasa seperti paket all in one. Maka dari itu, aplikasi atau software yang bagus adalah yang memiliki banyak fitur andalan.

Tidak hanya sekedar hitung pemasukan atau pengeluaran, namun lebih dari itu seperti menghitung data balance. Bisa pula mengetahui investasi yang potensial sebagai fitur tambahan. Ada banyak fitur baru yang harus tersedia dalam aplikasi ini agar pengguna bisa mengerjakan banyak hal sekaligus.

Fitur Laporan Keuangan

Fungsi dasar aplikasi akuntan adalah membantu perhitungan keuangan. Pegawai akan lebih mudah dalam melacak uang masuk atau keluar dengan bantuan aplikasi. Jika software yang diinginkan tidak memilikinya maka bisa dibilang kualitas aplikasi tersebut buruk. Maka pilihlah aplikasi lain yang fiturnya lebih lengkap.

Namun sebagai akuntan tidak perlu khawatir karena kini hampir semua software gratis sudah menyediakan fitur itu. Membuat laporan keuangan pun jadi lebih mudah dan akurat. Tidak perlu lagi double checking dan cemas berlebihan perihal hasil hitungan dari aplikasi. 

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Gratis

Aplikasi Akuntan

Ada banyak software akuntansi yang gratis dan memiliki banyak fitur. Cara mendapatkan masing – masing aplikasinya pun sangat mudah.Anda juga sudah memahami tentang cara memilih aplikasi terbaik dan paling tepat. Maka kini ketahui berbagai macam software akuntansi yang bisa digunakan untuk kerja.

1. Jubelio

Untuk bisnis usaha kecil dan menengah bisa coba menggunakan Jubelio untuk membantu laporan keuangan. Penyusunan melalui jubelio sudah pasti otomatis, pengguna hanya perlu menginput data keuangan seperti biasa. Proses cepat itu dikarenakan aplikasi yang sudah terhubung dengan sistem mutakhir.

Selain sistem terbaru, Jubelio juga sudah terhubung dengan sistem omnichannel. Dengan omnichannel, pemilik usaha yang memiliki banyak toko bisa melakukan laporan keuangan secara langsung. Pemilik tidak perlu membuat banyak laporan keuangan, dengan Jubelio semua jadi lebih mudah.

2. BeaAccounting

aplikasi akuntan lain yang bisa dicoba oleh akuntan adalah BeaAccounting. Aplikasi ini mudah digunakan dan hasilnya akurat sehingga tidak membutuhkan double checking. Kelebihan BeaAccounting lainnya yaitu bisa digunakan pada beberapa model perangkat sekaligus, tidak hanya smartphone.

BeaAccounting cocok dengan model komputer dan menggunakan sistem penyimpanan cloud. Dengan begitu pengguna tidak membutuhkan flashdisk atau kabel data untuk memindahkan data. Cukup sambungkan dengan satu akun cloud yang sama maka data sudah tertransfer dengan baik dan bisa diedit.

3. Software SAP

Aplikasi akuntan yang sering digunakan perusahaan lainnya dan juga kompatibel dengan komputer adalah Software SAP. Beberapa pebisnis sudah mengetahui software ini dengan baik. Perangkat lunak pembantu para akuntan ini berasal dari Jerman dan sudah memiliki ribuan pelanggan di seluruh dunia.

Sama dengan BeaAccounting, software SAP ini memiliki sistem penyimpanan cloud. Didalamnya juga terdapat fitur edit real time, manajemen budget, dan masih banyak lagi yang lainnya. Melalui berbagai fitur tersebut tentu pekerjaan seorang akuntan akan lebih cepat selesai dan akurat.

4. Jurnal by Mekari

Pengusaha di Indonesia sudah banyak yang menggunakan aplikasi akuntan ini. Jurnal by Mekari adalah software akuntansi berbayar yang juga berbasis cloud. Biasanya bisnis ini digunakan untuk bisnis skala kecil, menengah, ataupun besar. Mudahnya penggunaan aplikasi  menjadi alasan banyak orang menyukainya.

Jurnal by Mekari memiliki banyak fitur, diantaranya seperti catatan keuangan, pembuatan faktur, dan catatan biaya. Ada pula fitur seperti catatan pemasukan dan pengeluaran serta masih banyak lagi di dalamnya. Melalui aplikasi ini juga pemilik bisnis bertoko banyak bisa membuat satu laporan sekaligus.

5. Software Accurate

Berasal dari namanya, banyak orang yang mengatakan bahwa aplikasi ini benar benar menghasilkan perhitungan yang akurat. The Accurate merupakan akuntansi perusahaan yang sering digunakan. Hal itu dikarenakan sistem operasinya sangat mudah atau biasa disebut user friendly.

Fitur yang ditawarkannya pun sangat menarik dan banyak, tentu membantu para pekerja. Diantaranya seperti catatan penjualan atau pembelian, laporan buku besar setiap periode, dan inventaris. The Accurate juga menyediakan penyimpanan berbasis cloud sehingga pengguna harus menyiapkan akun untuk hal itu.

6. Zahir Accounting

Aplikasi akuntan seperti zahir accounting adalah salah satu yang menawarkan fitur inventaris terlengkap. Maksudnya adalah aplikasi ini dapat mendata setiap barang secara rinci sehingga pemilik bisnis tidak akan kebingungan. Sementara biasanya inventaris hanya sekedar nama dan stok gudang bukan?

Dengan inventaris yang lebih rinci tentu akan meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian antara stok gudang dengan catatan. Padahal urusan seperti itu sangat krusial dalam bisnis. Zahir accounting juga memiliki fitur andalan lainnya yaitu chart of account, analis bisnis, dan sales order.

7. MYOB Accounting

aplikasi akuntan satu ini dibuat oleh pengembang aplikasi asal Australia. Aplikasi ini jelas membangu banyak pebisnis dalam membuat laporan keuangan. Penggunaannya sangat mudah, pengguna hanya perlu memasukkan data keuangan secara rinci kemudian diproses oleh sistem.

Tidak hanya mengurus laporan keuangan, MYOB Accounting juga bisa mengontrol inventaris gudang. Pengaplikasiannya juga sangat mudah, fleksibel, dan gampang dimengerti bahkan oleh pengguna baru. Dengan begitu tidak terlalu membutuhkan tutorial dalam menggunakan aplikasinya.

8. Kledo

Nama software akuntansi satu  ini juga tidak kalah terkenal dengan jurnal by Mekari. Aplikasi Kledo bisa digunakan oleh usaha kecil dan menengah sehingga urusan laporan bisnis bisa tertata lebih rapi. Sama dengan beberapa aplikasi lain, Kledo juga menerapkan sistem penyimpanan cloud yang sederhana.

Fitur yang dimilikinya pun tidak gampangan, banyak yang membantu para pebisnis. Misalnya seperti pengelolaan keuangan bisnis, inventaris gudang dan stok barang, pembuatan invoice, dan laporan keuangan. Semua hal penting tentang keuangan dan manajemen dalam bisnis bisa dilakukan pada satu aplikasi.

9. Xero Accounting

Xero Accounting bisa menjadi aplikasi alternatif bagi pengguna smartphone ios dan android. Aplikasi ini berguna dalam pencatatan laporan keuangan perusahaan dan tentu sudah terkoneksi dengan aplikasi lain. Melalui kelebihan tersebut maka pelaku bisnis akan lebih mudah mengurus keuangan.

Salah satu kelebihan xero accounting adalah memiliki kemampuan memasukkan berbagai user. Fitur tersebut sangat berfungsi bagi pengusaha yang mempekerjakan seorang akuntan khusus bisnisnya. Disisi lain pemilik usaha juga bisa membantu kinerja akuntan dan alur keuangan dari satu aplikasi.

10. MasterOnline

Aplikasi akuntan excel yang juga bisa Anda coba adalah Master Online. Aplikasi ini menerapkan sistem berbayar, namun juga diimbangi dengan berbagai fitur andalannya. Master online pun sudah canggih, terintegrasi dengan berbagai aplikasi toko online sehingga pemilik bisnis tidak kesulitan untuk sinkronisasi.

Selain menjadi aplikasi keuangan, master online juga bisa mengatur pengiriman pada toko online. Tentunya fitur itu juga sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi kurir. Master online pun bisa menjadi sales analis untuk bisnis yang mana tugas ya adah analisa penjualan pada setiap marketplace.

11. Odoo

Aplikasi akuntansi tercepat di dunia, bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Odoo, sebuah jawaban terbaik bagi pemilik bisnis yang tidak paham dengan laporan keuangan. Serahkan segala urusan hitung menghitung maka Anda akan santai di kemudian hari. Bisa mencobanya langsung secara gratis.

Software akuntansi untuk komputer seperti Odoo memiliki tampilan yang mudah untuk dicerna. Layaknya excel atau ms word, Odoo memiliki beberapa tab pilihan di bagian atas dan layar tampilan di bawahnya. Melalui satu dashboard, pengguna bisa mengakses banyak hal, lebih sederhana bukan?

12. Equip

Aplikasi pendukung akuntansi ini sudah hadir sejak 2008 dan terus berkembang hingga kini menjadi lebih modern. Equip berhasil menjalin kerjasama dan mitra dengan banyak perusahaan besar. Diantaranya seperti perusahaan Astra Finance atau The Face Shop. Equip memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat.

Beberapa fitur itu adalah mengendalikan rekening dan mengelola rekening dengan mata uang asing. Equip juga tentu ya bisa menghasilkan laporan akuntansi yang akurat dan cepat serta secara komprehensif. Beberapa fitur andalan dari aplikasi ini adalah manajemen pembayaran dan reminder pembayaran.

13. Omegasoft

Omegasoft juga bisa menjadi jawaban atas keresahan laporan keuangan bagi bisnis. Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil dan baru berjalan, maka omegasoft sangat cocok digunakan. Pasalnya aplikasi akuntan tersebut  memiliki tampilan user friendly dan fiturnya juga sangat mudah digunakan.

Semua sistem dan fiturnya juga autopilot, artinya bisa berjalan sendiri tanpa perlu pengontrolan penuh. Di dalamnya terdapat fitur kasir, akuntansi, CRM, dan terkonfigurasi dengan berbagai e commerce. Platform ini dapat membantu bisnis di berbagai bidang seperti F&B, retail, services, dan bisnis distribusi.

14. Quickbooks

Quickbooks merupakan software akuntansi yang bisa melampirkan foto fraktur. Sebagai informasi, fraktur atau nota pembelian dari vendor harus disimpan sebagai tanda bukti transaksi. Melalui tanda ini, pembukuan dan rekapitulasi akan lancar dan tidak terdapat kejanggalan atau potensi penipuan fraktur.

Pemilik bisnis juga bisa mengelompokkan pendapatan sehingga bisa mengetahui sektor mana saja yang sudah terjual. Dengan begitu lun laporan laba rugi bisa dibedakan berdasarkan kebutuhan. Quickbooks juga memiliki sistem penyimpanan cloud sehingga harus selalu terkoneksi internet.

15. Wave

Wave memiliki banyak fitur seperti invoicing, expense, income, payroll, dan lainnya. Aplikasi keren ini sudah digunakan oleh banyak orang, bahkan sebagian besarnya memutuskan untuk berlangganan.

Melalui langganan berbayar, maka pengguna akan mendapatkan lebih banyak fitur premium lainnya.

Demikian aplikasi akuntan yang bisa membantu pekerjaan pemilik bisnis di livaza.com. Melalui aplikasi ini, pebisnis tidak perlu lagi menyewa tenaga akuntan handal untuk sekedar laporan keuangan.

semua bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui teknologi terbaru seperti rekomendasi di atas.