Download Aplikasi Ekinerja Pemantau Produktivitas ASN dan PNS 2022

7 min read

Aplikasi Ekinerja

Aplikasi ekinerja merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memantau kinerja para ASN. Sebelumnya perlu diketahui bahwa kinerja dari para ASN sangat perlu dipertanyakan. Terlebih lagi jika mengingat banyak sekali rumor yang mengatakan bahwa kinerja ASN sangat buruk.

Dari rumor tersebut tentu semakin banyak rakyat sipil yang bertanya, sebenarnya apa sih pekerjaan ASN? Apakah memang seberat itu hingga bisa merasa sah saat melayani rakyat tanpa senyuman?

Maka dari itu mari ketahui bersama tentang aplikasi kinerja ini agar bisa memahami beban tugas ASN.

Ekinerja dibuat oleh pemerintah dengan tujuan demikian dan tentu memiliki landasan hukum yang jelas.

Melalui aplikasi ini, pekerja bisa melihat daftar tugas dan data kajian akademis yang dibutuhkan.

Lewat Aplikasi Ekinerja pula ASN bisa mendapatkan penilaian kinerja secara objektif, terukur, dan akuntabel. 

Apa Itu Aplikasi Ekinerja?

Aplikasi Ekinerja

Secara harfiah, aplikasi e kinerja merupakan sebuah aplikasi berbasis situs atau website yang dibuat untuk mengukur kinerja karyawan ASN dan PNS.

Aplikasi ini digunakan pada berbagai wilayah kerja, mulai dari kabupaten, daerah, ataupun kota, dan bahkan nasional. Tentu pemakaiannya berdasarkan PP berlaku.

Setidaknya ada 8 undang – undang yang menjadi landasan hadirnya aplikasi ini. Kedelapan UU itu berasal dari empat lembaga sekaligus yaitu ekinerja dan kementerian keuangan RI.

Ada pula Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara.

Aplikasi yang digunakan untuk memantau kinerja ASN ini juga memiliki berbagai fitur. Misalnya seperti fitur untuk memantau kehadiran dan aktivitas ASN.

Ada juga tentang zonasi pekerjaan ASN dan berbagai fitur lainnya. Melalui Aplikasi Ekinerja, pemerintah dan rakyat bisa lebih paham tentang pekerjaan ASN.

Manfaat Aplikasi Ekinerja

Sebuah aplikasi tentu dibuat dengan tujuan yang bermanfaat. Demikian pula dengan aplikasi ini, memiliki banyak manfaat, baik untuk ASN itu sendiri dan untuk rakyat atau pemerintah.

Selain untuk mengetahui kinerja dari pegawai, ada pula manfaat aplikasi lainnya. Simak penjelasan manfaat tersebut di sini.

1. Mengontrol Kehadiran Pegawai

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sedikit tadi, aplikasi ini dapat mengontrol kehadiran. Hal ini merupakan strategi baru dari pemerintah guna menghindari pegawai yang bolos absen. Sudah sejak lama beredar bawah banyak PNS atau ASN yang bolos kerja dan malah beristirahat sepanjang jam kerja.

Padahal semua pekerja pun tau bahwa sebagai karyawan maka harus menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu. Istirahat hanya berlaku di jam itu sendiri. Namun beda halnya dengan kebiasaan para ASN, rasanya seperti terus jam istirahat dan mengobrol dengan teman saja. Tentu sangat tidak sejalan dengan gaji dan tunjangannya.

2. Meningkatkan Kinerja Pegawai

Pemerintah dapat meningkatkan kinerja pegawai sipil melalui Aplikasi Ekinerja ini. Pengguna atau pekerja ASN akan menghasilkan data yang terstruktur dengan baik. Kemudian data tersebut akan dibaca oleh atasan dan melaporkannya pada pemerintah. Ketika terjadi kejanggalan, maka akan terbit solusi baru.

Salah satu contoh dari kasus itu adalah ketika ada seorang ASN yang tidak memberikan dampak baik pada negara melalui pekerjaannya. Kemudian hal itu dilaporkan oleh rakyat yang kemudian mendapat tindak lanjut. Guna hal seperti ini terjadi berulang kali, pemerintah meluncurkan Ekinerja.

3. Memudahkan Manajemen Birokrasi

Birokrasi adalah hal yang penting bagi pemerintahan, termasuk lingkungan kerja ASN. Melalui Ekinerja, urusan birokrasi bisa lebih mudah dan lancar. Aplikasi ini bersifat interaktif yaitu setiap informasi yang masuk maka akan menjadi data. Data tersebut tentu memudahkan para SKPD dalam jobdesknya.

Ekinerja juga memiliki berbagai fitur yang bisa melakukan rekap data otomatis. Dengan begitu pegawai SKPD tidak membutuhkan rekap data bulanan dan data pegawai ketika ingin memberikan upah. melalui aplikasi ini pula, data nominal yang harus diterima ASN sudah lengkap bahkan hingga ke tunjangannya.

4. Sebagai Indikator TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai)

Perlu diketahui bahwa penghasilan tambahan pegawai sipil hanya berlaku bila pekerja itu melakukan tugasnya secara baik dan maksimal. Maka bisa diartikan lebih lanjut bahwa petugas ASN atau PNS yang bermalas-malasan sudah pasti tidak akan mendapatkan TPP bagaimanapun kondisinya.

Pemerintah bisa lebih ketat dalam proses penggajian ASN dan PNS melalui Aplikasi Ekinerja tersebut. Rincian tugas dan kinerjanya tentu terlihat dengan jelas dan datanya pun konkrit. Dengan begitu maka tidak ada alasan bagi pegawai negara untuk terus kerja secara malas-malasan.

Dampak dari Aplikasi E Kinerja

Aplikasi Ekinerja

Kembali pada tujuan pembuatan aplikasi, untuk memantau kinerja ASN. Dengan begitu maka dampaknya adalah berbagai kantor dinas akan memiliki segala informasi pekerja. Dari informasi itu tentu akan menghasilkan meminimalisir resiko kecurangan absensi. Pekerja juga akan menjadi lebih produktif bekerja.

Ketika ASN memiliki sinergi positif, efektif, dan efisien dengan semua pihak maka harus melakukan pekerjaan dengan lebih produktif. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem dan etos kerja pada pegawai dengan baik. Dengan begitu ASN juga memberikan output pekerjaan yang juga maksimal.

Aplikasi ini juga akan memberikan dampak berupa pengambilan keputusan mengenai tunjangan. Pada dasarnya tunjangan harus diberikan setelah melalui serangkaian evaluasi pekerjaan. Maka dengan aplikasi pemantau kinerja ini, evaluasi tersebut jadi lebih mudah mendapatkan nilai kesesuaiannya.

Fitur yang Ada Pada Aplikasi E Kinerja

Dalam sebuah aplikasi tentu ada banyak fitur yang dimilikinya. Terutama pada aplikasi ini yang mana ditujukan untuk memantau kinerja seorang ASN. Maka dari itu harus ada fitur berguna layaknya perhitungan absensi, kontrol produktivitas kerja, atau yang sejenis. 

1. Kelola TPP Otomatis

TPP adalah Tambahan Penghasilan Pegawai yang mana biasa didapatkan oleh ASN ketika sudah lembur. Dalam dunia kerja sendiri, lembur adalah ketika seorang pekerja masih dalam proses bekerja di luar jam kerja. Keadaan tersebut mengharuskan perusahaan untuk membayar uang lembur bersama gaji.

ASN tentunya juga bisa lembur sewaktu-waktu ketika sedang banyak pekerjaan. Namun terkadang ada ASN yang nakal sehingga melakukan telat absen agar tercatat sebagai pegawai lembur. Fitur Kelola TPP inilah yang menjadi solusi dari ASN nakal karena bisa mendeteksi pekerja produktif atau tidak.

2. Mempersingkat Waktu Kelola TPP

Sebelum adanya Aplikasi Ekinerja, petugas bagian kelola TPP membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan TPP seorang pegawai negeri. Hal itu dikarenakan pertimbangan beberapa faktor dan banyaknya data yang harus diolah. Maka dengan aplikasi ini semuanya menjadi lebih singkat.

Petugas penghitung TPP bisa langsung terintegrasi dengan absensi dan berbagai data produktivitas karyawan. Hasil data-data itu juga diolah langsung oleh aplikasi sehingga petugas penghitung hanya perlu melihat hasilnya saja. Besaran TPP nya pun juga sudah bisa dilihat secara langsung.

3. Monitor Hasil Kerja Pegawai

Ekinerja menjadi jawaban terbaik bagi atasan yang ingin memantau kinerja pegawai di bawahnya. Aplikasi ini dapat memonitor kinerja ASN dan PNS serta melihat kedisiplinan mereka. Tentu hal itu menjadi acuan penilaian dan pemberian tambahan penghasilan secara otomatis.

Perihal cara kerja bagian ini bisa langsung didemokan oleh instansi atau orang terkait. Biasanya pada setiap kantor PNS dan ASN memiliki aktivitas demo aplikasinya masing-masing. Dengan begitu setiap petugas akan paham cara menggunakannya pada bagian tugas mereka masing-masing.

4. Mempersingkat Manajemen Birokrasi

Aplikasi Ekinerja tentu dapat mempersingkat manajemen birokrasi. Dari yang sebelumnya harus memasukkan banyak data dan informasi sebelum mencapai birokrasi yang diinginkan, kini tidak lagi demikian. Pegawai juga akan lebih mudah dalam memasukan data SKPD dan rekap bulanan data.

Ketika pegawai melakukan rekap bulanan data pegawai, input dokumen juga menjadi lebih mudah. Kini tidak perlu lagi mengubah semua data tertulis menjadi file online. Data tertulis sudah bisa di scan dan kemudian komputer akan membacanya menggunakan AI sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

5. Berbagai Data yang Dikelola Ekinerja

Sebagai rangkuman, data-data yang dikelola oleh Ekinerja sangatlah banyak. Beberapa diantaranya seperti absen kehadiran, rekapitulasi absensi selama tenggat waktu tertentu, rekap pembayaran uang makan dan tunjangan kinerja. Ada pula data laporan penyusunan sasaran kinerja pegawai kepada ASN.

Aplikasi ni juga turut memberikan laporan penilaian prestasi kerja ASN selama setahun. Semua data yang dikelola itu bisa dilihat secara jelas hanya oleh atasan dan bagian tugas terkait. Sementara jika posisi pengguna adalah teman kerja satu divisi atau tingkatan, maka tidak akan ada akses terhadap data.

Mengapa Harus Menggunakan E Kinerja?

Banyak yang mempertanyakan hal ni, mengapa ASN harus menggunakan aplikasi E kinerja? Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa aplikasi ini adalah sebuah perangkat elektronik bantuan. Tujuannya untuk mengetahui sebuah perhitungan TPP yang paling tepat.

Perhitungan TPP yang tepat itu tentu berguna untuk menjawab segala keresahan tentang kinerja kepegawaian di kantor. Misalnya mulai dari rekam data absensi, evaluasi hasil kerja, dan perhitungan TPP. semua proses tersebut tentu dilakukan secara tepat dan akurat serta transparant.

Melalui aplikasi ini, pegawai negeri tidak akan bisa berbuat curang atau manipulasi data. Semua sistem terintegrasi langsung dan diawasi pula oleh badan berwenang. Maka ketika ada manipulasi data oleh ASN, ia akan mendapatkan hukuman atau ganjaran setimpal.

Keunggulan Aplikasi E kinerja

Setiap aplikasi pasti memiliki keunggulan dan kekurangan, demikian dengan aplikasi pendukung seperti e kinerja . Aplikasi Ekinerja memiliki keunggulan berupa proses data yang lebih muda. Aplikasi ini sangat membantu dalam pembuatan laporan absensi kehadiran karyawan.

Ekinerja juga dapat menghitung secara jelas dan konkrit perihal hasil nominal tambahan penghasilan pegawai. Tentu prosesnya dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga tidak akan kesalahan hitung yang berakibat fatal. E kinerja juga memiliki penyimpanan yang berbasis cloud.

Keunggulan dari penyimpanan berbasis cloud adalah dapat diakses dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan jaringan internet, penyimpanan model modern ini tentu sangat menguntungkan karena pegawai tidak membutuhkan flashdisk atau penyimpanan fisik lagi. Semua sudah serba online dan cepat.

Kapan Harus Menggunakan Aplikasi E kinerja?

Banyak pegawai yang mempertanyakan hal ini, kapan mereka harus menggunakan aplikasi ini? Seharusnya memang aplikasi seperti ini sudah digunakan sejak awal periode. Tujuannya untuk mempermudah perhitungan TPP sebagaimana tujuan pembuatan aplikasinya.

Namun ketika sedang berada di tengah periode seperti ini maka aplikasi dapat digunakan pada saat ingin membuat laporan. Khususnya laporan kinerja dan juga TPP yang mana membutuhkan waktu lebih lama. Untuk mempersingkat waktu dan tenaga serta biaya pembuatan laporan, ASN bisa menggunakannya.

Berdasarkan hal diatas, maka sudah sangat jelas bahwa Aplikasi Ekinerja sangat membantu manajemen pemerintah. Bantuan tersebut tentu berdampak di berbagai sektor pemerintah, baik daerah maupun pusat. Pengelolaan menjadi lebih konkrit sehingga hasilnya pun tidak dapat diganggu gugat.

Cara penggunaan aplikasi ekinerja

Cara penggunaan aplikasi ekinerja adalah dengan mengambil data absen karyawan secara online. Kemudian data tersebut dilakukan monitoring secara real time. Data absensi juga diserahkan kepada bagian kepegawaian atau yang bersangkutan lalu pengolahan data pun dimulai.

Pegawai juga dapat memasukkan sasaran atau target kerja per periode. Beberapa periode yang tersedia adalah target harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan. Melalui target yang sudah dimasukkan itu pegawai harus mencapainya sebagai nilai keproduktifitasan.

Ketika produktivitas terbukti tidak sesuai dengan target, maka TPP dari pegawai yang bersangkutan tidak akan bisa diambil. Kemungkinan lain adalah TPP bisa diambil namun dengan nominal yang sedikit, sesuai dengan produktivitas yang dijalani. Maka dari itu, kini ASN harus bekerja secara lebih produktif.

Siapa yang Harus Menggunakan Ekinerja?

Berkaca dari tujuan dan fungsi aplikasi maka sudah bisa didapatkan jawaban atas pertanyaan itu. Aplikasi e kinerja ditujukan untuk membangun e governance atau pemerintahan elektronik yang terintegrasi dengan baik. Maka siapa yang menggunakannya adalah pegawai pemerintah.

Kelompok orang yang dimaksud pegawai pemerintah adalah secara keseluruhan. Tidak hanya staff kantor atau ASN tertentu namun juga mulai dari bawah seperti RT, RW, Kelurahan, dan seterusnya. Perlu dicatat bahwa pegawai yang menggunakan adalah harus berstatus ASN atau PNS.

Pembuktian atas status tersebut bdia dengan surat tugas atau pengukuhan. Semua data nama-nama ASN dan PNS di Indonesia tentu tercatat dalam sistem online. Dengan begitu pegawai non ASN atau non PNS tidak akan bisa melakukan log in pada aplikasi, demikian pula pegawai ASN atau PNS.

Cara Download Aplikasi Ekinerja

Sebagaimana yang sudah ditetapkan bahwa semua pegawai ASN dan PNS harus memiliki aplikasi ini. Maka bagi pegawai yang bersangkutan itu harus mengetahui bagaimana cara memilikinya. Tentu sangat mudah, perhatikan cara download aplikasi ekinerja secara mudah melalui tutorial berikut.

  • Perhatikan spesifikasi komputer atau laptop
  • Link download hanya tersedia dari instansi masing-masing
  • Download dari link yang sudah disediakan
  • Jika download sudah selesai maka klik filenya
  • Jalankan installer windows
  • Klik next pada setiap pilihan
  • Tunggu proses instalasi berlangsung
  • Jika selesai maka akan mendapatkan notifikasi
  • Akan muncul logo aplikasi di desktop ketika proses selesai

Saat aplikasi sudah terpasang dengan benar, pegawai bisa langsung menggunakannya. Cara penggunaannya mudah, namun juga tergantung dengan bagian kerja masing-masing. Biasanya perihal demo aplikasi akan dilakukan secara langsung melalui petugas berwenang.

Tampilan dan Kemudahan Interaksi di Aplikasi E Kinerja

Aplikasi e kinerja dibuat dengan pendekatan khusus sehingga penggunaannya pun juga lebih mudah. Tim pengembang aplikasi tentu sudah melakukan survei terhadap calon pengguna. Maka dari itu tampilannya menjadi mudah digunakan atau istilahnya user-friendly.

Itulah serba serbi tentang aplikasi ekinerja yang perlu pegawai sipil ketahui menurut livaza. Semoga dengan informasi lengkap ini, Anda bisa memahami dengan betul tentang tujuan dan misi pemerintah. Dengan produktivitas pegawai yang tinggi tentu pelayanan pemerintah terhadap masyarakat bisa lebih baik lagi.