12 Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik dan Gratis 2023

7 min read

Aplikasi Pencatatan Keuangan

Aplikasi pencatatan keuangan pribadi atau kantor sudah cukup banyak di layanan indonesia, Menjalani keseharian pasti tidak jauh dari keuangan. Masyarakat past mengeluarkan uang setiap harinya, entah itu untuk membayar tarif bis atau memberi rezeki pengemis.

Semua aktivitas keuangan tentu lebih baik dicatat agar dapat mengetahui pengeluaran perbulan.

Namun banyak orang yang tidak paham akan hal itu. Padahal pencatatan keuangan sendiri bisa membantu dalam perencanaan keuangan yang lebih rumit.

Misal seperti rencana kredit rumah atau beli mobil. Bila tidak biasa mencatat aktivitas keuangan maka juga bisa menimbulkan sifat konsumtif.

Maka dari itu hadir banyak aplikasi pencatatan keuangan guna membantu masyarakat.

Para pengguna smartphone bisa mengandalkan aplikasi ini sebagai jasa pengatur keuangan gratis.

Bahkan beberapa diantaranya dapat menghasilkan laporan keuangan yang mudah dibaca oleh orang awam.

Baca Juga : Aplikasi Paylater Terbaik Dan Terpercaya

Tujuan Membuat Catatan Keuangan Pribadi

Aplikasi Pencatatan Keuangan

Mencatat keuangan memang merupakan pilihan pribadi, bukan suatu keharusan.

Namun melalui pencatatan ini akan tergambar bagaimana pola konsumsi atau skema keuangan beberapa waktu kebelakang.

Untuk bisa mencatat keuangan dengan baik dan konsisten maka perlu tujuan yang jelas.

1. Memastikan Pencapaian Tujuan Finansial

Orang pasti memiliki tujuan tertentu dalam proses menghasilkan uang. Entah itu untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau membeli barang yang diinginkan.

Setelah satu tujuan tercapai maka ada banyak tujuan lainnya masih harus diusahakan. Dengan itu, orang membutuhkan skema keuangan yang jelas melalui Aplikasi pencatatan keuangan.

Itulah fungsi atau tujuan mencatat keuangan pribadi. Melalui aktivitas rutin ini maka tujuan tujuan finansial bisa tercapai dengan lebih sistematis.

Pengguna metode pencatatan uang ini jadi bisa melihat berapa persen pendapatan yang harus ditabung dan sisanya untuk biaya hidup atau lain sebagainya.

2. Mengontrol Pengeluaran

Ada pepatah mengatakan bahwa besar pasak daripada tiang, artinya lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Itu adalah salah satu hal yang tidak boleh terjadi dalam keuangan atau ekonomi. Pengeluaran yang tidak terkontrol pasti akan menghancurkan masa depan dalam hal apapun.

Untuk menghindari hal itu maka perlu pencatatan keuangan pribadi. Proses pencatatan itu sendiri tentu melibatkan seluruh pengeluaran yang dilakukan,

bahkan nominal terkecil sekalipun. Demikian pula dengan pemasukan, tetap dicatat walaupun tidak seberapa. 

Baca Juga : Aplikasi Jual Beli Mobil Terbaik dan Terpercaya

3. Mengamankan Finansial

Aktivitas pencatatan keuangan yang rutin dan konsisten tentu bisa mengamankan finansial. Hal ini dapat berlaku dalam jangka waktu pendek atau panjang hingga bertahun-tahun ke depan.

Keamanan finansial itu sendiri berarti adalah sudah memiliki alokasi budget sesuai rencana.

Harapan nya adalah menghindari diri sendiri dari kolaps atau kekurangan dana hidup.

Dengan begitu orang akan menjalani hidup yang tenang tanpa khawatir uang makan untuk esok hari. Namun tetap harus diimbangi dengan kesiapan dana darurat yang cukup. 

4. Memiliki Alokasi Dana Investasi

Dana investasi bisa juga diartikan sebagai tabungan masa depan. Pada dasarnya investasi bisa dilakukan saat seseorang sudah memiliki jaminan kesehatan atau kehidupan dan dana darurat.

Investasi pun tidak bisa dilakukan secara asal meletakkan uang tanpa perhitungan.

Pencatatan uang membuat alokasi dana investasi menjadi mudah. Bahkan bisa dilakukan bersamaan dengan alokasi dana darurat.

Ketika investasi dilakukan secara tepat dan sesuai dengan tujuan finansial, maka hasilnya berupa pendapatan pasif. Artinya Anda bisa memiliki pendapatan walau tidak bekerja.

5. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Aplikasi pencatatan keuangan yang di khususkan Untuk kasus pencatatan keuangan lanjut atau profesional,hasilnya bisa digunakan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.

Misalnya ketika ingin membeli mobil baru, maka Anda harus melihat bagaimana riwayat catatan keuangan yang ada. Dari hal itu maka dapat membayangkan beberapa tahun kedepan.

Pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pembelian barang baru tentu harus diperhitungkan secara matang.

Jangan sampai tidak cocok dengan dana masuk sehingga memberatkan di kemudian hari. Maka dari itu, tidak jarang orang menyewa jasa pembuatan laporan keuangan pribadi.

Baca Juga : Aplikasi Crypto Terbaik Untuk Pemula

Manfaat Mencatat Keuangan

Aplikasi Pencatatan Keuangan

Pasti banyak masyarakat yang sudah sering mendengar tentang berbagai cara mengelola keuangan melalui Aplikasi pencatatan keuangan.

Entah itu dari perbesar pemasukan atau mengetatkan pengeluaran. Namun ada satu cara yang seringkali diabaikan yaitu mencatat pengeluaran.

Berikut berbagai manfaat lebih lanjut mengenai aktivitas tersebut.

1. Setia Pada Budget

Manfaat pertama yang akan dirasakan adalah setia pada budget. Perlu diperhatikan bahwa budget bukanlah ketersediaan dana seutuhnya melainkan dana yang sudah dikelompokkan dengan tujuan tertentu.

Jika jika budget A untuk membeli smartphone maka janganlah gunakan itu untuk hal lain.

Melalui pencatatan keuangan, orang akan lebih setia pada budgetnya. Hal ini dikarenakan sinyal otak yang memberi tahu tentang tujuannya.

Dengan begitu Anda akan menghindari penggunaan budget tertentu untuk keperluan lain. Bahkan sekalipun hal itu sangat mendesak atau teramat penting.

2. Evaluasi Budget

Pengguna metode pencatatan keuangan ini juga akan lebih mudah dalam evaluasi budget. Hal itu dikarenakan pengguna akan mengetahui secara rinci kemana uangnya pergi salam satu bulan terakhir.

Pendataan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan budgeting bulan berikutnya.

Melalui evaluasi ini pengguna juga bisa mengidentifikasi masalah keuangan yang sedang dihadapi. Dengan begitu maka bisa menemukan solusinya lebih cepat.

Pada akhirnya tidak akan mengalami krisis keuangan atau masalah lain berurgensi tinggi.

3. Menghentikan SIfat Konsumtif

Sifat konsumtif bisa dibilang sebagai penggerogot perlahan masyarakat. Membeli banyak barang yang tidak diperlukan akan menimbulkan masalah keuangan serius.

Belum lagi didukung dengan layanan keuangan digital yang semakin canggih seperti kredit atau paylater.

Dengan pencatatan keuangan yang ketat maka orang bisa melihat riwayat belanjanya. Melalui hal itu pula bisa diidentifikasi mana barang penting mana yang tidak.

Kemudian selanjutnya jadi bisa lebih paham dan melakukan analisa sederhana saat ingin membeli barang baru.

Baca Juga : 10+ Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

4. Membantu Transparansi Keuangan Dengan Pasangan

Manfaat lain dari pencatatan keuangan adalah bisa transparansi data ke pasangan. Semua orang paham bahwa masalah uang dan ekonomi sangat sensitif namun tetap harus dibicarakan.

Ketika pasangan mengetahui kondisi keuangan partner nya dengan baik maka bisa saja membantu target pencapaian.

Dari hal ini juga bisa mengidentifikasi apakah dalam hubungan itu memiliki tujuan finansial yang sama atau tidak.

Pencatatan keuangan juga bisa dijadikan sebagai cara melihat riwayat belanja seseorang. Apakah ia termasuk orang yang konsumtif atau tidak.

5. Mengurangi Kegelisahan Keuangan

Bagi sebagian orang, kegelisahan keuangan adalah hal nyata. Apalagi jika ada tagihan hutang yang tidak kunjung berhenti.

Kabar baiknya, kegelisahan itu bisa diminimalisir atau bahkan hilang dengan metode pencatatan keuangan pribadi yang tepat.

Pencatatan keuangan sama dengan memiliki kontrol atas alur masuk keluar keuangan. Dari hal ini, Anda jadi bisa melihat secara garis besar tentang masalah keuangan.

Mana yang menimbulkan gelisah berlebih kemudian bisa langsung mencari dan melaksanakan solusinya.

Aplikasi Pencatatan Keuangan 

Aplikasi Pencatatan Keuangan

Penulis sudah menyampaikan sebelumnya bahwa untuk mencapai tujuan finansial maka perlu pencatatan keuangan yang ketat.

Ada banyak cara mencatat masuk keluarnya uang secara pribadi atau bisnis. Namun yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan otomatis.

1. Money Lover

Aplikasi pencatatan keuangan pertama yang bisa digunakan adalah Money Lover. Aplikasi Money Lover ini bisa diunduh secara gratis melalui playstore atau appstore.

Melalui Money Lover, pengguna bisa memasukkan data pengeluaran dan pemasukan. Data tersebut juga bisa dikelompokkan sesuai jenisnya.

Pengelompokan data di Money Lover sendiri bermacam-macam, seperti makanan, transportasi, belanja, atau lainnya. Fitur di dalam aplikasi ini juga banyak yaitu budget, savings, dan event.

Dengan begitu pengguna bisa mencatat tabungan dan anggaran tertentu sekaligus rencana keuangan.

2. Monefy

Monefy adalah aplikasi pencatatan keuangan pribadi yang juga banyak orang gunakan. Aplikasi ini memiliki banyak kategori pengeluaran dan pemasukan.

maka penggunanya bisa mudah mengidentifikasi alur keuangan lebih jelas saat melihat laporan bulanan atau per periode.

Monefy memberlakukan akun pengguna yang mana juga memiliki teknologi penyimpanan cloud. Bahkan bisa diisi lebih dari satu akun.

fitur itu nanti penggunanya memiliki riwayat keuangan yang tersimpan rapi. Tentu riwayat tersebut akan dibutuhkan ketika melakukan penginstalan aplikasi ulang.

3. Catatan Keuangan Harian

Pengguna yang memakai aplikasi Catatan keuangan Harian tentu bisa mengontrol pengeluaran harian dengan lebih mudah.

Pengguna juga bisa menggunakan berbagai kategori yang tersedia sebagai tanda pengeluaran. Dengan begitu akan terlihat jelas sektor mana yang memiliki pengeluaran terbesar.

Aplikasi Catatan Keuangan Harian ini juga bisa digunakan sebagai pencatatan pemasukan. Ada pula fitur lain yaitu menghitung selisih antara uang masuk dan keluar.

Hasilnya dinamakan sebagai saldo imbang atau balance. Artinya adalah sisa uang yang Anda miliki sekarang dan yang masih bisa digunakan.

Baca Juga : 15 Aplikasi Akuntan Gratis Terbaik

4. Finansialku

Finansialku juga merupakan aplikasi pencatatan keuangan gratis yang bisa diunduh melalui smartphone. Aplikasi ini tidak membutuhkan syarat OS apapun sehingga bisa di Ios ataupun android.

Aplikasinya juga gratis, tidak ada paket premium atau biaya tertentu untuk bisa mengaksesnya.

Dalam aplikasi finansialku terdapat berbagai fitur menarik selain layanan dasar. Diantaranya seperti konsultasi keuangan, materi belajar keuangan, dan berbagai pengetahuan tentang produk-produk keuangan.

Aplikasi pencatatan keuangan ini juga memiliki fitur yang bisa memberikan foto bukti mengenai catatan keuangan.

5. Uangku

Uangku merupakan salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang sederhana. Penggunannya mudah dan praktis sehingga cocok untuk pengguna baru yang belum familiar.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencatat segala pengeluaran dan pemasukan, bahkan bisa mencatat target tabungan.

Para pemula bisa mengatur target pengeluaran dan pemasukan mereka. Bahkan bagi yang belum paham dengan aturan keuangan bisa mendapatkan saran dari aplikasi.

Maka tidak heran bila banyak orang mahir mencatat keuangan pribadinya karena aplikasi ini.

6. Money Manager

Money Manager adalah aplikasi pencatatan uang terbaik dan sudah digunakan oleh lebih dari jutaan orang. Aplikasi ini sangat sederhana dan memiliki tampilan yang menarik.

Money Manager juga memberlakukan sistem akun dan penyimpanan cloud sehingga bisa log in log out sesuai kebutuhan.

Keunggulan dari Money Manager adalah bisa mencatat keuangan beserta metode pembayaran yang dilakukan.

Misalnya Anda memiliki pendapatan gaji yang ditransfer bank, maka catatan keuangannya bisa juga demikian. Sama dengan pengeluaran, bisa dicatat menggunakan debit atau kartu kredit.

7. Mint

Salah satu aplikasi bagus untuk mencatat dan menghitung pengeluaran pribadi adalah Mint. Aplikasi ini bisa memuat beberapa akun pengguna, tentu dengan pencatatan yang berbeda-beda.

Dengan demikian satu keluarga bisa menggunakan satu Aplikasi pencatatan keuangan yang sama tanpa mencampuri yang lain.

Kelebihan dari Mint adalah bisa menjadi pengingat untuk membayar tagihan. Tentu dengan fitur itu aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna yang seringkali lupa.

Ada pula beberapa fitur menarik lainnya yaitu pelacakan tujuan finansial hingga penghitungan kredit skor. 

8. AndroMoney

AndroMoney expenses track ini membuat penggunanya bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran secara lebih mudah.

Di dalamnya terdapat fitur catatan keuangan secara sederhana namun juga terperinci. Ada pula pemilihan kategori dengan banyak pilihan sehingga catatan bisa menjadi lebih jelas.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah bisa menghasilkan catatan keuangan dalam bentuk dokumen online.

Biasanya akan disimpan dalam dropbox atau Google docs sesuai sistem yang berlaku. Fitur ini memudahkan pengguna dalam memiliki salinan laporan keuangan pribadinya.

Baca Juga : 14+ Aplikasi Youtube Tanpa Iklan apk

9. Paper.id

Paper.id biasa digunakan sebagai aplikasi pencatatan keuangan usaha bagi para pengusaha atau freelancer.

Aplikasi ini sangat ajaib karena dapat mempermudah pengiriman invoice tagihan ke rekan bisnis atau kerja. Tentu pembuatan tagihan tersebut bisa dilakukan dengan mudah melalui Paper.id.

Untuk bisa membuat invoice tagihan secara otomatis maka pengguna hanya perlu memasukkan berbagai inti data pribadi atau perusahaan.

Maksudnya seperti nama perusahaan, logo, barang, dan kuantitas serta PPN. Selanjutnya tinggal memasukkan daftar kontak tujuan dan akan langsung terkirim.

10. Penny

Aplikasi pencatatan keuangan selanjutnya yang bisa digunakan adalah Penny, tersedia di playstore atau appstore.

Melalui Penny, pengguna bisa mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan dalam satu bulan. Penny juga memiliki fitur pengingat tagihan untuk para penggunanya, sangat berguna bukan?

Tidak hanya sebagai pengingat tagihan, namun pengguna juga bisa mengetahui tagihan mana saja yang mengalami perubahan tarif.

Penny pun menyediakan grafik catatan pengeluaran dan pemasukan. Di dalamnya juga tersedia grafik perbandingan antara pengeluaran dan pemasukan.

11. Budget Planner

Budget planner merupakan aplikasi mencatat keuangan pribadi yang sangat mudah digunakan. Sesuai dengan namanya, budget planner ini bisa membuat rencana pengeluaran selama satu bulan ke depan.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat user friendly sehingga tidak akan membingungkan pengguna.

Tidak seperti aplikasi catatan keuangan lain, Budget Planner memiliki kalkulator di dalamnya.

Jadi ketika pengguna butuh perhitungan sebelum memasukkan data maka bisa menggunakan kalkulator buatannya.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan template catatan keuangan yang sederhana untuk penggunanya.

12. Dompetku

Dompetku, menjadi rekomendasi Aplikasi pencatatan keuangan terbaik yang bisa digunakan. Kelebihan dari Dompetku adalah memiliki multiple accounts atau rekening.

Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengatur pengeluaran atau pemasukan dari rekening atau e wallet.

Laporan keuangannya juga menyertakan grafik sehingga mudah dibaca bagi pengguna yang awam. Di sisi lain, Dompetku merupakan aplikasi bebas iklan tanpa harus upgrade ke versi premium.

Terlebih lagi aplikasi ini memberlakukan pin sehingga dapat menjaga kerahasiaan data pengguna dari orang lain.

Baca Juga :

Itulah aplikasi pencatatan keuangan mudah nan gratis yang bisa dirangkum oleh livaza.com. Diharapkan informasi ini sangat berguna untuk banyak orang.

Terlebih lagi bagi pengguna yang ingin memiliki catatan keuangan dengan lebih jelas. 

Sebagai tambahan saran, aktivitas pencatatan uang harus dilakukan secara konsisten. Hal itu demi tercapainya tujuan finansial sesuai keinginan awal.

Sebagai pengguna juga harus ketat mencatat, bahkan pengeluaran sekecil apapun seperti uang parkir atau dana pengemis yang receh.