11 Aplikasi Jual Beli Mobil Terbaik dan Terpercaya 2022

7 min read

Aplikasi Jual Beli Mobil

Aplikasi Jual Beli Mobil kini kian banyak menjamur di indonesia Yang Mana akan semakin memudahkan calon pembeli dalam memilih berbagai mobil impian yang diinginkan sejak dulu. Mobil termasuk dalam barang non investasi, artinya harga kendaraan akan terus menyusut.

Beda dengan tanah yang harganya bisa naik tiap tahun. Maka dari itu tidak heran bila banyak orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas.

Bahkan untuk merk bergengsi sekali pun seperti mercedes benz atau BMW.

Mobil bekas bukan berarti selalu dalam keadaan buruk. Banyak orang yang menjual mobilnya dalam keadaan baik, bahkan ada pula yang masih terasa seperti baru.

Biasanya mobil yang keadaannya masih bagus mencerminkan perawatan yang rutin. Akhirnya mesin dan interior masih terlihat cantik.

Untuk menemukan mobil bekas maka bisa menggunakan aplikasi jual beli mobil.

Melalui internet, transaksi atau aktivitas melihat-lihat barang bekas bisa lebih cepat dan ringkas.

Tentu akan lebih melelahkan jika harus berpindah dari toko satu ke yang lainnya. 

Baca Juga : Aplikasi Crypto Terbaik Untuk Pemula

Persiapan Membeli Mobil Bekas di Aplikasi Jual Beli Mobil

Aplikasi Jual Beli Mobil

Pembelian barang bekas tentu membutuhkan persiapan matang. Hal ini tidak hanya sekedar memilih barang yang disukai dengan spesifik tertentu.

Namun calon pembeli harus paham kondisi mobil bekas yang bagus. Tentu tujuannya untuk terhindar dari penipuan oleh penjual jahat dan licik.

1. Periksa Kondisi Mobil

Memeriksa keadaan barang bekas tentu penting agar tidak merasa beli kucing dalam karung. Dalam kasus mobil bekas ini, apalagi jika proses pembelian melalui Aplikasi Jual Beli Mobil,

Calon pembeli wajib memperhatikan bagian eksterior dan interiornya. Hal hal yang harus diperiksa pada bagian eksterior adalah kaca, cat, dan panel pintu mobil. 

Calon pembeli juga harus cek mesin, apakah semua komponennya original dan dalam keadaan bagus atau tidak. Sedangkan pada bagian interior ialah seperti fungsi ac, sistem audio, dan lampu.

Kenyamanan kabin dan kursinya juga harus dipastikan. Adakah bagian kursi yang sobek atau tidak.

2. Periksa Riwayat Service

Apapun kendaraannya, baik mobil atau motor, harus memiliki riwayat servis. Riwayat itu menjadi tanda bahwa kendaraan dirawat dengan baik.

Tentunya juga memberikan dampak pada kenyamanan dalam berkendara. Melalui service record, Anda juga akan mengetahui bengkel mana yang biasa digunakan.

Phal tempat bengkel untuk servis rutin juga harus diperhatikan. Pada dasarnya memang semua kendaraan bisa servos dimana saja.

Namun akan lebih baik lagi jika servis di bengkel atau dealer resmi. Dengan begitu maka sudah bisa dipastikan bahwa semua suku cadangnya original.

3. Memastikan Dokumen Kendaraan Lengkap dan Asli

Surat atau dokumen berkendara akan menjadi nilai tambah. Jika semuanya asli dan lengkap maka berkendara di jalan besar pun akan aman.

Beberapa dokumen yang harus diperhatikan adalah STNK dan BPKB. calon pembeli juga harus memperhatikan nomor mesin dan nomor rangka.

Kedua nomor tersebut harus cocok dengan data pada dokumen. Jangan hanya mengecek kelengkapannya saja namun juga keaslian.

Beberapa dokumen bisa dimanipulasi demi menaikkan harga jual mobil bekas. Jika Anda tidak bisa membedakannya maka pergilah dengan teman yang paham.

4. Pilih Mobil Sesuai Budget dan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing namun juga harus diselaraskan dengan budget.

Pilihlah mobil yang sesuai dengan kantong agar tidak memberatkan tabungan atau dana lainnya.

Walaupun harga dari mobil bekas sudah turun drastis bukan berarti bisa mencarinya secara bebas.

Calon pembeli juga perlu menentukan skema pembayarannya. Sistem pembayaran sendiri bisa dilakukan secara kredit atau lunas dan cash.

Sangat disarankan untuk mengambil pilihan cash sehingga kelak tidak akan ada tanggungan. Namun jika memang merasa sanggup menjalani kredit maka pilih skema sesuai kemampuan.

Baca Juga : Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Ciri Mobil Bekas Yang Masih Bagus

Aplikasi Jual Beli Mobil

Dari tahun ke tahun semakin banyak agen bisnis yang menawarkan mobil bekas berbasis Aplikasi Jual Beli Mobil. Demikian pula dengan jumlah peminatnya, bahkan semakin banyak.

Apalagi harga mobil baru yang kian memuncak. Jika ingin membelinya maka calon pembeli harus paham bagaimana kondisi mobil bekas yang masih bagus.

  • Suara Mesin yang Masih Lembut

Suara mesin mobil bekas seringkali tidak dianggap penting oleh calon pembeli. Padahal hanya dari suaranya saja mekanik bisa paham kondisi mesin.

Suara yang masih halus tentu mencirikan mesin yang bagus dan demikian pula sebaliknya. Suara terdengar berat maka mesinnya bermasalah.

Jangan hanya mementingkan suara dalam durasi singkat, perhatikan juga dalam jangka waktu dua menit.

Jika memang masih bagus dan terdengar halus, maka tidak perlu meragukan kondisi mesinnya. Calon pembeli bisa yakin dan langsung membawa pulang mobil bekas tersebut.

  • Minus Kebocoran

Mobil bekas yang masa pakainya sudah lama sangat wajar bila terjadi kebocoran. Namun jika skala kebocorannya parah maka bisa dikatakan mobil itu tidak bagus.

Biasanya area kebocoran terletak di tangki bensin dan aki. Calon pembeli juga bisa mengecek bagian oli mesin, apakah bocor atau tidak.

Ketika mobil memiliki indikasi kebocoran maka dapat memicu masalah mesin lain di kemudian hari. Akhirnya pembeli harus mengeluarkan budget lagi untuk perbaikan dalam nominal besar.

Sebagai tambahan, calon pembeli harus mengecek radiator dan selang-selang yang terhubung dengannya.

  • Asap Knalpot yang Bersih

Tanda mobil bekas dalam keadaan bagus lainnya bisa dilihat dari asap knalpot. Ketika asapnya tidak berwarna maka mobil dalam keadaan normal.

Namun jika ada warna putih nyata yang bisa dilihat, bisa diketahui bahwa ada kebocoran pada mesin dan harus dicek lebih dalam. 

Biasanya kebocoran pada asap putih disebabkan oli mesin yang merembes keluar. Jika memang terjadi keadaan seperti itu maka calon pembeli harus mempertanyakan kepada penjual.

Namun ketika kondisi ini bisa diterima oleh calon pembeli, maka konsekuensinya harus melakukan service.

  • Transmisi Mesin yang Halus

Poin kali ini berhubungan dengan suara mesin, jika halus maka transmisinya pun bagus. Untuk bisa mengetahuinya maka perlu melakukan test drive.

Dengan begitu calon pembeli bisa mengetahui halus atau kasarnya suara mesin dari dalam kabin. 

Saat test drive juga harus memastikan medan perjalanannya. Jika ada tanjakan maka cobalah untuk melewati jalan itu.

Gunanya untuk sekaligus mengetahui kemampuan mobil, apakah kuat pada jalan ekstrim seperti tanjakan atau tidak. Hal ini berhubungan dengan kemungkinan medan yang akan dilewati nanti.

  • Ban dan Velg yang Masih Bagus

Ketika calon pembeli sudah yakin dengan kondisi mesin, maka kini cek bagian eksterior. Satu hal yang terpenting adalah bagian ban dan velg.

Ban harus dalam kondisi bagus, setidaknya masih memiliki ruas dan bulu halus. Sedangkan velgnya wajib terlihat kokoh, tidak ada keretakan atau tanda rapuh lainnya.

Selain ban dan velg, calon pembeli juga perlu mengecek body. Tidak hanya bagian cat, namun juga kerangkanya, sebagian mobil bekas pasti memiliki riwayat kecelakaan.

Pada bagian kecelakaan itu harus diketahui bagaimana perbaikannya dan apakah mempengaruhi hal lain atau tidak. 

  • Kaki Kaki Mobil yang Kokoh

Kondisi mobil yang bagus tentu memiliki kaki kaki yang kokoh. Ketika kaki mobil memiliki keretakan maka kondisinya lemah dan bahaya untuk digunakan berkendara.

Sebaliknya, jika mulus dan terlihat kokoh maka bisa langsung deal penjualan. 

Namun saat kaki mobil terlihat ringkih namun penjual bilang baru saja menggantinya, maka Anda harus curiga.

Pasalnya kaki mobil terbuat dari material yang tebal dan seharusnya kokoh. Ketika pernyataan tersebut terlontarkan maka bisa dipastikan ada kebohongan atau suku cadang itu tidak orisinil.

Baca Juga : Aplikasi Akuntan Gratis Terbaik

Aplikasi Jual Beli Mobil Bekas

Aplikasi Jual Beli Mobil

Setelah mengetahui berbagai persiapan untuk membeli mobil bekas, maka kini mencari tau aplikasi jual belinya. Membeli mobil bekas tentu akan lebih mudah melalui online.

Dari hal tersebut, maka Anda harus tau mana aplikasi jual beli mobil bekas terbaik agar terhindar dari penipuan.

1. Mobil123

Mobil123.com merupakan situs jual beli mobil online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Situs ini sudah berkembang sejak zaman 2012 hingga kini berbentuk aplikasi.

Melalui situs ini calon pembeli bisa mendapatkan lebih dari 100 rekomendasi mobil bekas. Tentu hadir dalam berbagai kondisi dan harga.

Mobil123 juga bisa memberikan informasi lengkap yang diberikan oleh penjual. Misalnya seperti harga, tahun rilis, lokasi penjual, kelengkapan surat, dan lain sebagainya.

Karena aplikasi ini sudah dipercaya banyak orang maka calon pembeli baru tidak perlu menanyakan tentang keamanan transaksinya.

2. Carmudi

Carmudi merupakan aplikasi jual beli mobil terbaik selain olx yang menawarkan mobil pribadi, pick up, dan truk bekas.

Aplikasi ini sudah mendapatkan rating tinggi sekitar 4.3 di Google Play Store. Para ulasan penggunanya juga mengatakan bahwa Carmudi merupakan aplikasi terpercaya.

Carmudi menyediakan review tentang kendaraan dan mobil baru. Dengan begitu, pengguna aplikasinya akan mendapatkan informasi terbaru tentang dunia otomotif.

Carmudi juga menyediakan berbagai pilihan mobil baru sehingga cocok untuk orang yang sedang ingin membelinya dari sumber selain dealer resmi.

3. Auto2000

Pastinya sudah banyak orang yang mendengar nama Auto2000. Aplikasi Jual Beli Mobil ini berada di bawah naungan PT Astra Internasional yang menyediakan fasilitas bagi pemilik kendaraan Toyota.

Bisa dikatakan bahwa Auto200 merupakan situs resmi penjualan dan pembelian mobil bekas bermerek Toyota.

Selain menjadi situs atau aplikasi jual beli, Auto2000 juga menyediakan informasi terbaru mengenai dealer resmi.

Ada pula produk katalog mobil keluaran terbaru yang mungkin menarik bagi para penggunanya. Melalui Auto2000 juga pengguna bisa menjadwalkan janji service rutin mobilnya.

4. OTO.com

Bagi sebagian orang yang tidak mengikuti dunia otomotif, Oto.com adalah situs baru. OTO merupakan aplikasi jual beli terpercaya yang sudah berdiri sejak lama.

Isi rekomendasi mobil bekasnya pun sangat lengkap karena banyak pula penjual yang memilih media aplikasi ini.

Di dalam Aplikasi Jual Beli Mobil tersebut terdapat merk mobil-mobil ternama seperti Daihatsu, Toyota, Honda, dan Nissan atau yang lainnya.

Pengguna bisa memilih penjual berdasarkan kota tempat tinggal sehingga memudahkan proses pengecekan barang. Bahkan calon pembeli juga bisa memilih dealer di luar negeri untuk membeli mobil.

Baca Juga : Aplikasi Youtube Tanpa Iklan apk

5. Bukalapak

Bukalapak masuk dalam kategori Aplikasi Jual Beli Mobil, sebuah aplikasi yang terkenal sebagai penyedia barang-barang kebutuhan. Namun baru baru ini Bukalapak memiliki fitur penjualan mobil bekas.

Dengan sepak terjang aplikasi maka pembeli tidak perlu ragu dengan Bukalapak. Terlebih lagi jika mengingat kemunculan bukalapak yang sudah sangat lama.

Sebagaimana aplikasi e commerce lainnya, bukalapak menyediakan voucher diskon atau promo. Dengan begitu pembelian mobil bekas melalui bukalapak bisa sangat menguntungkan.

Pasalnya calon pembeli bisa menggunakan voucher potongan harga atau cashback. Akhirnya harga mobil bisa turun lumayan besar.

6. Moladin

Moladin hadir untuk para pengguna yang sedang mencari mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Aplikasi ini dibuat dengan mengutamakan fitur dan tampilannya.

Maka dari itu Moladin memiliki UI yang user friendly sehingga memudahkan para pengguna baru untuk menjelajahi aplikasinya.

Selain pembeli, penjual juga bisa memasarkan mobil bekasnya. Dengan begitu maka terjadi hubungan saling menguntungkan antara pihak aplikasi, penjual, dan pembeli.

Bahkan untuk mempermudah transaksi dan kebutuhan para mitra, pihak aplikasi tidak memberlakukan komisi setiap penjualan.

7. Mobbi

Mobbi, merupakan salah satu aplikasi jual beli mobil kredit yang sangat memudahkan penjual dan pembeli mobil bekas.

Bagi pembeli, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur seperti pencarian cepat dengan filter. Beberapa filter yang ada seperti merk, tahun, transmisi, dan juga harga jual mobil. 

Mobbie memiliki tampilan yang sangat mudah bagi penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan pilihan metode pembayaran.

Tersedia dalam dua pilihan yaitu tunai atau kredit. Kreditnya pun bisa menggunakan pay later, sebuah metode pembayaran kredit terkini yang banyak membantu orang.

8. Trovit

Ada Trovit sebagai aplikasi jual beli mobil selanjutnya. Beda dengan yang lain, aplikasi ini berasal dari luar negeri sehingga wajar saja harga yang ditawarkan menggunakan mata uang dollar.

Walaupun demikian, isi mobil bekas yang ditawarkan cukup beragam, bahkan banyak brand luar negeri unik lain.

Trovit tidak hanya memiliki koleksi mobil yang sangat lengkap namun juga dan berbagai fitur lainnya. Misal seperti sortir asal mobil, tahun, harga, dan spesifikasi.

Melalui cara ini maka pembeli akan lebih mudah dalam mendapatkan mobil impian. Pembeli juga bisa berkomunikasi langsung dengan penjual.

9. Rajamobil.com

Sama dengan mobil123, situs jual beli mobil ini sudah sangat tua dan semakin berkembang lebih baik. Kini hadir dalam bentuk aplikasi yang mudah digunakan.

Kelebihan dari rajamobil ialah dapat memberikan simulasi penggunaan kredit dalam pembelian mobil bekas.

Rajamobil.com juga menyediakan berita terbaru di dunia otomotif guna menambah wawasan para pengguna aplikasinya.

Penyajian beritanya juga lengkap menyertakan foto dan video sehingga memudahkan pengguna dalam memahami isi konten.

10. Carsome

Carsome, salah satu Aplikasi Jual Beli Mobil yang kekinian. Tampilan aplikasi sangat mudah atau user friendly dengan nuansa kuning.

Melalui aplikasi ini, pengguna akan mudah dalam memilih mobil yang ingin di beli. Demikian pula penjual, mudah dalam memasarkan mobil bekas yang dimilikinya.

Semua transaksi melalui carsome sudah terawasi oleh pihak aplikasi. Data di dalamnya pun tersajikan secara transparan sehingga meminimalisir terjadinya penipuan.

Jika Anda tertarik dengan aplikasinya maka bisa langsung mengunduh lewat appstore atau playstore pada perangkat android.

11. Carousell

Carousell merupakan aplikasi atau media jual beli barang bekas. Di dalamnya tidak hanya tersaji mobil namun juga lainnya seperti sepatu, tas, atau baju bekas.

Carousell sudah terkenal sejak tahun 2015 di kalangan pecinta barang bekas. Dengan begitu kredibilitas aplikasi ini sudah terbukti aman.

Jika ingin mendapatkan mobil dari Carousell maka tinggal mengetikkan kata kuncinya pada kolom pencarian.

Pengguna aplikasi juga bisa menyortir hasil pencarian sesuai yang diinginkan. Namun sayangnya tipe mobil di aplikasi ini terbatas karena memang tidak fokus menjadi aplikasi beli mobil bekas.

Baca Juga : 12 Aplikasi Paylater Terbaik Dan Terpercaya

Demikian beberapa aplikasi jual beli mobil bekas yang bisa digunakan secara aman di livaza.com. Jangan lupa untuk selalu mengetahui bagaimana kondisi mobil terbaik guna menghindar dari penipuan.

Jika merasa tidak bisa membedakan maka bisa bawa teman seorang teknisi atau yang mengerti tentang mobil.