12 Aplikasi Paylater Terbaik Dan Terpercaya 2022

7 min read

Aplikasi Paylater

Aplikasi Paylater bukan hal baru lagi di jaman sekarang, banyak perusahaan menyediakan paylater untuk membeli barang dengan bayar di belakang, Perkembangan ekonomi digital memudahkan banyak orang dalam bertransaksi.

Dari sekian banyaknya hal-hal modern, kini hadir lagi Paylater. Suatu sistem pembayaran yang disukai banyak orang, mirip dengan kredit, melalui teknologi keuangan ini, orang-orang bisa membeli barang lalu bayar kemudian.

Paylater biasa hadir sebagai metode pembayaran baru di berbagai marketplace. Dengan begitu hal ini pasti tidak asing lagi ditelinga bukan?

Keunggulan dari paylater adalah penggunanya tidak membutuhkan kartu kredit. Melalui kebijakan tersebut maka tidak heran bila semakin banyak orang yang menyukainya.

Metode bayar ini hadir melalui berbagai aplikasi paylater. Membuat orang mudah menggunakan metode bayar yang satu itu.

Namun penggunanya juga harus waspada, jangan sampai terlena dan lupa membayar tagihan beserta bunga. Pasalnya juga sudah banyak orang yang terjangkit utang paylater.

Baca Juga : Aplikasi Jual Beli Mobil Terbaik dan Terpercaya

Apa Itu aplikasi Paylater?

Aplikasi Paylater

Paylater terdiri dari dua padanan kata yaitu pay dan later. Sebagaimana artinya secara harfiah, pay adalah membayar dan later berarti kemudian atau nanti.

Dengan begitu arti paylater adalah bayar nanti atau bisa juga diartikan sebagai utang. 

Metode bayar ini memungkinkan pengguna dapat membeli suatu barang dan membayarnya nanti. Pembayarannya pun bisa diangsur layaknya kredit atau bayar langsung.

Namun walaupun memilih bayar langsung akan tetap dikenakan fee admin. Tenang saja, biaya admin tersebut tidaklah setinggi bunga.

Karena paylater sangat praktis digunakan maka banyak ecommerce dan aplikasi keseharian yang menambahkan fitur ini.

Mulai dari e commerce, marketplace, transportasi online, dan banyak perusahaan digital lainnya. Dengan begitu konsumen bisa memenuhi kebutuhannya dalam waktu singkat.

Keuntungan Menggunakan Paylater

Setiap metode pembayaran pasti memiliki kelebihan dan kerugian. Itu pula yang terjadi pada paylater, ada keuntungan yang bisa membuat nyaman para pengguna.

Ada pula kerugian atau dampak buruk yang harus diperhatikan. Berikut beberapa keuntungan dari paylater yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga : 9 Aplikasi Crypto Terbaik Untuk Pemula

1. Pengajuan Paylater yang Mudah

Tidak seperti kartu kredit, pengajuan metode paylater sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu melaporkan identitas diri seperti ktp.

Tidak ada pengisian formulir rumit seperti gaji orang tua atau tanggungan lain. Proses pengajuannya juga tidak memakan waktu lama, bahkan bisa pula langsung acc.

Disamping pengajuannya yang mudah, pada dasarnya paylater adalah metode bayar kredit biasa. Artinya paylater juga memberlakukan bunga dan fee admin.

Besaran bunga bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan dari platform yang digunakan. Namun biasanya tidak terlalu tinggi atau memberatkan.

2. Dapat Digunakan Kapanpun dan Dimanapun

Berkaca dari pengajuannya yang mudah, metode paylater ini tentu bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Bahkan bisa pula dalam aplikasi belanja apa saja.

Pasalnya hampir semua aplikasi belanja atau transportasi online sudah memiliki pilihan metode pembayaran ini.

Sebagaimana tujuan dibuatnya, paylater berhasil mempermudah hidup banyak orang. Terlebih lagi jika memang sedang dihadapkan dengan kondisi sulit nan butuh.

Misalnya seperti seseorang yang sedang darurat pulsa, maka ia bisa membeli di marketplace dan menggunakan paylater.

3. Tenggat Waktu Fleksibel

Satu hal yang paling disukai oleh banyak orang adalah tenggat waktu pembayaran fleksibel. Dengan begitu banyak orang yang bisa mengatur kapan harus bayar.

Tentu hal ini juga berhubungan langsung dengan perjanjian bersama Aplikasi Paylater sendiri ya.

Selain tenor atau tenggat waktu, pengguna paylater juga mengakui bahwa metode bayar ini bisa tanpa bunga.

Biasanya hal itu bisa dicapai apabila pembayaran dilakukan sesuai tanggal. Maka tidak akan ada tambahan bunga, hanya biaya admin. Beda cerita bila pengguna telat membayar, tentu ada dendanya.

Baca Juga : Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Kerugian Menggunakan Aplikasi Paylater

Aplikasi Paylater

Setiap hal yang mudah pasti memiliki ketentuan di dalamnya. Tidak jarang ketentuan itu membuat pengguna terlena sehingga berubah menjadi kerugian.

Itulah yang terjadi pada paylater ini, ada beberapa kerugian di dalamnya. Calon pengguna harus mengetahuinya agar tidak terjebak dalam pesona paylater.

1. Membuat Pengguna Menjadi Konsumtif

Kemudahan transaksi adalh dambaan semua orang. Ketika seseorang mendapatkan akses mudah terhadap apapun maka ia akan terus menginginkan hal itu.

Contohnya paylater, sebuah kemudahan transaksi membuat banyak orang menjadi lebih konsumtif.

Perilaku konsumtif bila tidak diimbangi dengan kemampuan yang nyata akan membunuh penggunanya secara perlahan.

Dengan bunga rendah yang ditawarkan paylater bukan berarti pengguna akan selalu bisa membayar cicilannya. Sementara perilaku konsumtif terhadap barang itu sulit untuk dihilangkan.

2. Tagihan Cicilan yang Membengkak

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa tagihan paylater bisa dilunaskan secara bertahap atau cicilan. Cicilan inilah yang bisa menjadi momok menakutkan banyak orang.

Cicilan juga bisa membengkak karena bunga dan biaya admin. Terlebih lagi bila pengguna telat membayarnya, maka nominal semakin besar.

Untuk menghindari hal ini maka bisa disiasati dengan pemilihan skema pembayaran yang tepat. Pilihlah sesuai kemampuan finansial dan juga antisipasi ketelatan bayar.

Jika salah dalam memilih maka akan menyebabkan kesulitan membayar di kemudian hari. Tentunya hal ini akan menjadi masalah baru.

3. Tidak Aman

Paylater hadir di berbagai aplikasi, tidak hanya marketplace atau e commerce besar. Ada banyak aplikasi lain yang menawarkan pinjaman paylater padahal bantuan tersebut tidak aman.

Hal ini biasa disebut sebagai pinjaman ilegal dan banyak juga digunakan oleh orang lain.

Paylater dikatakan tidak aman ketika tidak ada perjanjian jelas antara pihak aplikasi dengan pengguna. Belum lagi terdapat ancaman kebocoran data dari Aplikasi Paylater ilegal.

Pengguna juga harus memastikan bahwa penyedia produk keuangan tersebut sudah diawasi OJK atau belum.

Baca Juga : 15 Aplikasi Akuntan Gratis Terbaik

Cara Menggunakan  aplikasi Paylater

Paylater sangat mudah untuk digunakan layaknya metode transaksi cashless lainnya. Untuk mendaftar sebagai penggunanya pun sangat mudah, tidak membutuhkan berkat rumit.

Pengguna hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan foto diri melalui aplikasi. Kemudian tunggu pengajuan diterima.

Jika pengajuan Paylater sudah diterima maka akan menerima ketentuan tenor dan nominal kredit yang diberikan. Skor atau nilai kredit itu bisa naik ketika pengguna mematuhi aturan.

Misalnya seperti tidak pernah telat dalam membayar cicilan maka skor kredit akan naik secara perlahan.

Jika ingin berbelanja atau menggunakan transportasi online maka tinggal pilih metode pembayaran paylater.

Nanti saldo atau kredit akan berkurang sebanyak nominal belanja yang digunakan. Namun jangan lupa untuk melihat riwayat transaksi guna mengetahui berapa total biaya yang harus dibayar.

Cara Membayar dengan aplikasi Paylater

Saat semua hal tentang paylater sudah diketahui, lalu bagaimana cara untuk membayarnya? Pada dasarnya paylater adalah sebuah transaksi yang ditalangi atau dibantu dulu oleh aplikasi.

Kemudian pengguna akan menggantikan dana tersebut ke aplikasi beserta bunga atau biaya admin.

Pembayaran dana itu bisa dicicil dengan mengikuti ketentuan atau peraturan yang ada. Tentu pengguna diberi waktu bata pembayaran, sesuai dengan skema pelunasan yang dipilih.

Beberapa skema yang tersedia ada mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan atau dua tahun. 

Perlu diperhatikan bahwa aktivitas pelunasan paylater ini tercatat oleh sistem dan disimpan oleh Bank Indonesia.

Data itu menjadi bukti tentang kemampuan pengguna dalam manajemen ekonomi atau keuangannya. Hal ini akan berpengaruh kelak saat membeli rumah atau mobil secara kredit. 

Baca Juga : 14+ Aplikasi Youtube Tanpa Iklan apk

Rekomendasi Aplikasi Paylater Terbaik

Aplikasi Paylater

Dengan banyaknya keuntungan dan kemudahan yang didapatkan melalui paylater, apakah Anda jadi tertarik?

Jika ingin menggunakan metode transaksi satu ini maka pastikan aplikasi yang dipilih dapat terjamin. Untuk itu, berikut beberapa aplikasi paylater terbaik dan bisa dicoba.

1. Shopeepay Later atau SPayLater

Shopee merupakan sebuah perusahaan asal Hongkong yang sudah terkenal. Shopee digunakan hampir di seluruh negara asia. Fitur dan layanannya pun banyak, salah satunya paylater.

Bahkan sistem paylater sendiri pertama kali dibawa oleh ecommerce satu ini, menarik bukan?

Shopee paylater sudah digunakan oleh banyak anak muda Indonesia. Pengajuan dan pembayarannya mudah, bahkan bisa tidak membutuhkan rekening bank.

Pengguna bisa berbelanja apapun di Shopee dan menggunakan paylater sebagai metode bayarnya. 

2. GoPay Later

Perusahaan startup lainnya yang mengikuti jejak shopee adalah gojek. Sebelumnya aplikasi transportasi online pertama di Indonesia ini sudah memiliki metode transaksi gopay.

Kemudian menambah gopaylater setelah melihat banyak peminatnya dengan saham yang di hasilkan besar. 

Kelebihan dari gopaylater adalah bisa membayar apapun, bahkan di luar layanan gojek. Misalnya seperti membeli kuota, membayar gofood, membayar tagihan listrik, dan lain sebagainya.

Sistem pelunasan gopaylater juga mudah dan juga memiliki pilihan tenor yang beragam.

3. Kredivo

Aplikasi Paylater lain adalah kredivo yang mana memang sudah sangat terkenal. Kredivo hadir sebagai penyedia dana pinjaman dan juga sebagai aplikasi berbelanja.

Kredivo ini bahkan bisa melayani penggunanya dalam pembelian smartphone baru secara kredit atau paylater.

Kredivo juga bekerja sama dengan beberapa e commerce besar seperti bukalapak, lazada, dan tokopedia. Melalui kredivo, pengguna akan mendapatkan skor atau limit paylater sebesar Rp 3.000.000.

Sedangkan untuk metode pelunasannya juga beragam, tidak hanya melalui transfer bank.

4. Akulaku

Selain kredivo, ada pula akulaku yang tidak kalah terkenal. Akulaku sudah membantu jutaan orang untuk memenuhi kebutuhan hariannya melalui kredit atau paylater.

Sama seperti kredivo, akulaku juga merupakan aplikasi berbelanja online, terdapat banyak barang kebutuhan masyarakat di dalamnya.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah akulaku tidak hanya menyediakan paylater untuk pengguna biasa namun juga untuk merchant.

Bagi penjual yang menjual barangnya di akulaku juga mendapatkan fitur paylater. Dengan begitu maka semua pihak mendapatkan fitur yang sama, bukan hanya pembelinya.

Baca Juga : Download Aplikasi Ekinerja Pemantau Produktivitas ASN dan PNS

5. Ovo Paylater

Perusahaan grab tidak ingin ketinggalan dalam inovasi produk keuangan ini. Terbitlah ovo paylater yang bisa digunakan untuk transaksi di grab atau toko merchant.

Mengingat ovo dan tokopedia bekerja sama maka metode ovopaylater bisa digunakan untuk pembayaran di commerce tersebut.

Namun bisa dikatakan bahwa penggunaan ovo paylater sangat dibatasi. Pasalnya layanan keuangan ini hanya berlaku bagi pengguna ovo premium.

Namun jangan khawatir karena untuk beranjak dari ovo biasa ke ovo premium sangatlah mudah. Pengguna bisa langsung mengajukannya ke pihak aplikasi.

6. Traveloka Paylater

Sebagai pecinta traveling, pasti banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi paylater hotel. Tentu metode pembayaran ini hanya berlaku untuk layanan traveloka.

Pihak perusahaan sendiri belum memberikan kebijakan yang bisa menggunakan traveloka paylater pada transaksi di luar aplikasi.

Proses registrasi traveloka paylater juga sangat mudah sehingga membuat penggunanya nyaman. Melalui layanan dari traveloka ini, jalan-jalan bisa dilakukan langsung tanpa perlu menunggu dana.

Namun tetap jangan lupa untuk melunasi pembayaran sesuai ketentuan ya.

7. Julo

Julo, satu-satunya aplikasi yang membantu banyak ibu rumah tangga. Pasalnya produk jualan Julo adalah kebutuhan sehari-hari seperti listrik, bpjs, pulsa, dan lain sebagainya.

Pembayaran untuk produk-produk tersebut semakin mudah, bisa dibayar terlebih dahulu kemudian melunasinya di lain hari.

Aplikasi paylater pulsa yang ditawarkan julo semakin bagus karena limit paylaternya. Julo memberikan limit paylater yang sangat tinggi yaitu sekitar Rp 15.000.000.

Bahkan dengan limit tinggi tersebut, bunga yang dikenakan juga tetap rendah, tidak heran bila banyak orang yang suka dengan paylater dari Julo.

8. Home Credit

Home credit adalah salah satu dari sekian banyak layanan paylater yang bisa digunakan pada berbagai tempat. Melalui home credit, pengguna bisa membayar belanjaan di toko menggunakan Qris.

Jadi kini tidak lagi khawatir ketika tidak ada saldo di bank namun harus membayar belanjaan.

Pengguna perlu memperhatikan batas pembayaran yang berlaku di Home Credit. Pasalnya Aplikasi Paylater ini hanya menyediakan pilihan hingga 9 bulan dengan bunga sekitar 3.49%.

Melihat dari beberapa ketentuan, Home Credit cocok digunakan untuk membayar belanjaan secara langsung atau toko offline.

9. Indodana Paylater

Indodana merupakan aplikasi layanan paylater yang dikeluarkan oleh Tokopedia. Limit pinjaman yang diberikan oleh Indodana termasuk sangat tinggi yaitu sekitar Rp 25.000.000.

Disamping itu ada berbagai keuntungan Indodana lainnya yaitu seperti berbagai promosi atau penawaran lainnya.

Melalui Indodana, pengguna bisa melakukan pembayaran online maupun offline lintas aplikasi. Jadi akan sangat memudahkan pengguna bila ingin membayar suatu tagihan.

Banyak orang yang menggunakan Indondana karena pelayanannya cepat dan limitnya yang besar. Apakah Anda tertarik menggunakannya?

Baca Juga : Download Aplikasi YouTube Vanced Tanpa Iklan Terbaru

10. Cicil

Sepertinya sudah banyak orang yang mengenal aplikasi satu ini. Cicil adalah sebuah software penyedia layanan paylater yang membantu mahasiswa atau peserta didik.

Melalui aplikasi ini, mereka bisa menjalani sekolah dengan metode pembayaran yang lebih ringan. 

Layaknya pinjaman pada umumnya, cicil memiliki tenor atau ketentuan lainnya.

Namun hal itu tentu didukung dengan keunggulan lain seperti bisa digunakan untuk membayar uang sekolah dan kebutuhan belajar lainnya. Maka dari itu, metode pembayaran ini bisa diterima oleh toko buku besar.

11. Bukalapak BayarNanti

Bukalapak Bayarnanti merupakan hasil kerjasama antara Bukalapak dengan perusahaan JULO. Julo sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan kredit keuangan digital.

Fitur paylater dari bukalapak ini bisa digunakan untuk pembayaran barang fisik. 

Sayangnya fitur paylater dari Bukalapak tidak tersedia di seluruh Indonesia. Bukalapak Bayar Nanti hanya bisa digunakan oleh pengguna yang berada di jabodetabek, bandung, dan surabaya.

Pengajuannya sangat mudah dan pengguna akan dikenakan biaya sebesar 5% pada setiap transaksi.

12. Lazada Paylater

Aplikasi layanan paylater lainnya adalah Lazada yang mana bisa digunakan hanya untuk aplikasi tu sendiri. Limit yang ditawarkan lumayan besar sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 5.000.000.

Jumlah tersebut diberikan dengan nominal berbeda tergantung kredit scoring tiap pengguna.

Baca Juga : Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik dan Gratis

Itulah beberapa aplikasi paylater yang bisa digunakan oleh banyak orang. Jangan lupa untuk memperhatikan berbagai faktor sebelum mengajukan paylater.

Disarankan untuk menghindarinya bilamana belum memiliki pemasukan stabil agar tidak menjadi konsumtif.